Perlengkapan Anak

Cara Mengatasi Masalah Menyusui Bayi Pada Satu Payudara

Menyusui merupakan hal alami yang terjadi pada ibu yang baru saja dikaruniai bayi. Kendati demikian, tak sedikit dari para ibu yang menemui banyak kesulitan saat menyusui bayi mereka, salah satunya seperti bayi yang hanya menyusu pada satu payudara saja.

Cara Mengatasi Masalah Menyusui Bayi Pada Satu Payudara

Namun, tak perlu khawatir, karena seperti yang dilansir dari Baby Centre, hal yang Anda alami tersebut terbilang normal selama Anda tidak merasakan sakit pada salah satu payudara yang sering digunakan untuk menyusui. Hanya saja, jika Anda mulai merasakan sakit atau tidak nyaman ketika menyusui pada salah satu atau kedua payudara, Anda sebaiknya membicarakan hal tersebut kepada dokter.

Kenali penyebab bayi menyusu pada satu payudara saja

Masalah menyusui bayi pada satu payudara saja terjadi bukan tanpa alasan. Ada baiknya, sebelum mengatasi masalah ini, ada baiknya Anda mencari tahu apa alasan bayi Anda hanya mau menyusu satu payudara saja. Misalnya karena disebabkan puting yang melesak masuk ke dalam, maka Anda bisa mengatasinya dengan penggunaan alat penghubung puting atau disebut juga nipple connector.

Sedangkan jika penyebabnya adalah posisi yang kurang nyaman bagi bayi, maka Anda dapat mengatasinya dengan memperbaiki posisi menyusu atau dengan menggunakan bantuan bantal menyusui. baca juga Vaksin Bayi Yang Pertama Adalah Inisiasi Menyusui Dini

Fungsikan payudara secara bergantian saat menyusui

Dalam menyusui bayi, ada baiknya jika Anda menggunakan kedua payudara Anda secara bergantian untuk memberikan ASI pada si kecil, khususnya mulai dari usia di bawah enam minggu. Pasalnya payudara yang jarang digunakan untuk menyusui produksinya ASI-nya bisa saja berkurang. Agar tetap memproduksi ASI secara alami, maka Anda harus rajin menggunakan kedua payudara secara bergantian untuk menyusui si kecil.

Posisi yang tepat agar si kecil menyusui pada kedua payudara

Saat menyusui bayi cobalah posisi posisi laid-back breastfeeding atau jika Anda bingung posisi ini sama jika Anda melakukan posisi inisiasi menyusu dini. Caranya mudah, agar Anda tetap merasa nyaman dan tidak pegal saat menyusui, sebaiknya letakkan bantal di belakang punggung kemudian letakkan bayi di atas dada dan biarkan ia melakukan inisiasi untuk menyusu. Yang perlu Anda lakukan hanya memegang bayi agar tidak terguling.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara lain yakni dengan menemukan posisi favoriti bayi saat menyusu. Caranya cobalah menggunakan posisi yang sama di kedua sisi untuk melatih si kecil menemukan posisi yang nyaman di setiap sisi sehingga Anda dapat menyusui bayi dengan sisi yang bergantian tanpa harus mengganggu kenyamanan si kecil.

Jika menemui kesulitan menyusui bayi seperti ini, sebaiknya Anda jangan mudah menyerah. Karena buah hati Anda membutuhkan semua nutrisi yang ada pada ASI, seperti  antibodi yang bisa mencegah bayi dari serangan bakteri dan virus. Selain itu, kandungan yang ada di dalam ASI juga lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan susu formula.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *