Perlengkapan Anak

3 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Saat ibu melahirkan bayi, hal pertama yang akan ibu lakukan adalah menyusuinya. Saat pertama kali menyusui adalah hal yang menantang karena kebanyakan dari ibu memiliki masalah ASI tidak keluar atau ASI keluar sedikit. Untuk masalah ASI keluar sedikit itu tidak masalah, karena pada dasarnya pada hari-hari pertama pasca melahirkan, ASI berwarna kuning yang bernama kolustrum memang keluar dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan jika ASI tidak keluar, maka ibu bisa melakukan pijat ASI di daerah payudara atau bagian punggung agar ASI keluar. Cara menyusui yang benar juga merupakan hal utama yang harus ibu ketahui karena akan mempengaruhi produksi ASI.

Untuk informasi selengkapnya mengenai cara menyusui, kunjungi web https://review.bukalapak.com/mom/ini-5-cara-menyusui-bayi-yang-benar-saat-payudara-lecet-16725

Terkadang masalah ASI keluar sedikit bisa jadi berkelanjutnya pada minggu-minggu selanjutnya pasca melahirkan. Ibu bisa mengonsumsi beberapa makanan ini untuk menstimulasi produksi ASI :

  1. Daun katuk

Sayuran ini dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Hal tersebut dikarenakan kandungan prolactin yang menstimulus hormon agar ASI bisa keluar dengan lancar. Ibu tentunya bisa membuatnya dalam bentuk sayuran kuah ataupun tumis, dan sajikan dengan makanan bergizi lainnya agar kebutuhan nutrisi tercukupi.

  1. Bayam

sayuran bayam ini mengandung enzim phytoestrogen yang berperan dalam meningkatkan produk ASI. Enzim ini juga diproduksi oleh sayuran hijau tua lainnya, sebagai alternatif jika memang sayuran bayam tidak ada. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga imunitas ibu dan bayi.

  1. Labu

Labu juga masuk ke daftar sayuran yang bisa untuk meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Selain itu labu juga mengandung zat besi yang bagus dalam pembentukan sel darah merah ibu. Labu juga mengandung serat yang bisa mengatasi masalah konstipasi pada ibu menyusui.

  1. Wortel

Selain sayuran hijau, wortel juga mengandung senyawa phytoestrogen yang berfungsi meningkatkan produksi ASI. Ibu bisa mengonsumsinya dalam bentuk sayuran berkuah atau tumis dan dalam bentuk jus sayur. Selain bisa untuk meningkatkan produksi ASI, wortel juga mengandung vitamin A yang bagus untuk sistem penglihatan.

Selain itu, agar ASI tetap keluar ibu juga harus menjaga pola hidup yang sehat dengan menghindari makanan serta lingkungan yang tidak sehat. Selain itu, ibu juga harus mengonsumsi cairan yang cukup sekiat 10-12 gelas per hari agar daya tahan tubuh juga tetap maksimal dan gunakan waktu istirahat secara maksimal agar ibu tetap fresh menjalani hari-harinya tanpa stress yang bisa mengakibatkan ASI sedikit keluar.

Selain dari makanan, tentunya ibu bisa mengonsumsi kebutuhan vitamin dan mineral ibu menyusui dengan berbagai produk vitamin untuk ibu menyusui di bawah ini :

  1. Hemobionlist

Pekerjaan yang semakin beragam membuat ibu akan cepat lelah dan lesu. Untuk itu ibu perlu vitamin yang bisa meningkatkan imunitas yaitu hemobionlist. Vitamin ini mengandung asam askorbat, kalsium yang bagus untuk mencegah terjadinya osteoporosis, kolekalsiferol dan vitamin B 12. Harga vitamin untuk ibu menyusui ini lumayan terjangkau yaitu Rp18.000 per 10 tablet.

  1. Ferofot

Jika ibu menyesuai terkena anemia, hal tersebut akan membuat hari-harinya menjadi terganggu. Oleh karena itu, ibu menyusui bisa mengonsumsi ferofot  untuk mengurangi anemia.  Harga 10 tablet ferofot adalah Rp20.000.

  1. Folda

Vitamin ini mengandung DHA dan asam folat yang bisa digunakan bagi ibu hamil dan menyusui. Untuk ibu hamil tentunya vitamin ini berguna untuk tumbuh kembang bayi, sedangkah untuk ibu menyusui yaitu untuk meningkatkan sel darah merah sehingga ibu menyusui terhindar dari anemia. Harga vitamin folda yaitu Rp136.000 untuk 30 kaplet.

So, menjaga pola makan dan hidup yang sehat adalah hal yang harus dilakukan oleh ibu menyusui agar bayi juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *