Tips dan Trik

3 Tips Agar Kehamilan Sehat dan Lancar Hingga Proses Persalinan

Kehamilan merupakan moment yang paling ditunggu dan membahagiakan bagi suami istri, terutama yang belum dikaruniai anak kehamilan. Segala macam cara dilakukan agar kondisi kehamilan sehat, baik kondisi ibu maupun janinnya.

Namun proses kehamilan bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang menyebabkan kehamilan menjadi bermasalah dan beresiko. Beberapa kasus tanda kehamilan yang bermasalah kadang tidak bisa di diteksi sehingga mengakibatkan perkembangan janin terhambat.

Berikut akan dijelaskan mengenai tips agar kehamilan Anda sehat sampai proses persalinan. Adapun informasi yang kami berikan berasal dari berbagai sumber, berikut penjelasannya:

Persiapan Fisik dan Mental

Proses kehamilan memerlukan persiapan fisik dan mental. Persiapan fisik diantaranya  adalah menjaga kondisi tubuh, caranya bisa dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi. Persiapan fisik juga menyangkut kebiasan atau gaya hidup. Calon ibu harus menghentikan kebiasaan yang buruk, misalnya: merokok, makan makanan kemasan/ instan, minum alcohol, begadang, minum kafein dsb.

Sedangkan persiapan mental bisa berupa kesiapan memiliki anak, umumnya persiapan mental dipengaruhi oleh kondisi keuangan dan kondisi sosial / lingkungan tempat tinggal. Banyak pasangan yang belum siap atau menunda kehamilan karena ingin berkarir dulu. Oleh sebab itu sebaiknya rencana kehamilan harus dibicarakan denga pasangan terlebih dulu.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengatasi Stress Saat Hamil yang Tepat dan Cepat

Mencari Informasi Seputar Kehamilan

Pasangan suami istri yang sedang menunggu kelahiran buah hati, sudah seharusnya melengkapi dirinya dengan berbagai macam pengetahuan menyangkut kehamilan sehat, diantaranya:

  • Mengetahui dan memahami perkembangan janin setip bulannya

Masa kehamilan bisa dibagi menjadi 3 masa, yaitu: usia kehamilan 1 – 3 bulan atau tremister pertama, usia kehamilan 4 – 6 bulan atau tremister kedua dan usia kehamilan usia 7 – 9 bulan yaitu tremister ketiga. Masing-masing usia kehamilan memiliki ciri-ciri dan tanda pertumbuhan janin.

  • Mengetahui masalah gizi

Gizi dan nutrisi merupakan hal yang harus diperhatikan selama proses kehamilan. Jika ibu hamil kekurangan gizi bisa menyebabkan kurang energy kronis atau KEK. Akibatnya, bisa menyebabkan bayi lahir dalam kondisi meninggal dunia atau mengalami gangguan kesehatan. Ibu hamil juga harus mengetahui makanan dan minuman yang dianjurkan dan yang tidak boleh dikonsumsi selama proses kehamilan. Selain itu hentikan kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat.

  • Periksa ke dokter atau bidan secara rutin

Jangan menunda control ke dokter kandungan, agar mengetahui kondisi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri. Jika ada hal-hal yang tidak wajar selama proses kehamilan, sebaiknay konsultasikan ke dokter atau bertanya kepada yang berpengalaman.

Pengetahuan mengenai kehamilan sehat bukan hanya harus diketahui oleh wanita saja, bagi pria (calon ayah) hendaknya mengetahui sehingga dapat membantu dan mendukung proses selama kehamilan. Semoga uraian mengenai tips kehamilan sehat ini bisa memberikan informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *