Tips dan Trik

4 Cara Mudah Cegah Bayi Lahir Kembar Siam

Setiap orang tua pastinya menginginkan buah hati mereka untuk tumbuh sempurna tanpa kekurangan sesuatu apapun. Hanya tak bisa dipungkiri bahwa terkadang kesalahan yang dilakukan orang tua, seperti kurangnya kecukupan gizi pada masa kehamilan atau kebiasaan buruk bagi kesehatan bisa memicu bayi lahir cacat. Satu diantaranya adalah kembar siam. Mungkin banyak diantara Anda yang pernah melihat hal semacam ini. Faktanya memang ada 3 dari 10 ibu yang melahirkan bayi dalam kondisi kembar namun jadi satu bagian.

Kondisi semacam ini tentunya membuat bayi menjadi tidak sempurna, karena beberapa bagian atau organ tubuh terkadang hanya satu, namun dengan 2 bagian badan. Sehingga mereka tak bisa bergerak secara aktif. Beberapa diantara kondisi semacam ini ada yang bisa bertahan hidup bahkan hingga dewasa. Namun kebanyakan memang tidak bisa bertahan, hanya beberapa hari saja sudah meninggal, karena tidak bisa optimal dalam menggunakan organ tubuh mereka.

Agar tak sampai mengalami kondisi kembar siam ini, maka berikut ini ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika memasuki masa kehamilan ini, diantaranya adalah:

  1. Jaga kesehatan selama kehamilan, hendaknya wanita yang tengah hamil tak banyak melakukan kegiatan yang berat, mulai kurangi aktivitas Anda. Karena tubuh yang kondisinya tidak sehat atau lemah, bisa menjadi pemicu bayi juga tidak mendapatkan nutrisi yang sempurna.
  2. Penuhi semua kebutuhan nutrisi, khususnya mulai dari pra kehamilan hingga trimester pertama, pastinya ada rasa ingin muntah dan mual setiap melihat makanan, namun pikirkan juga buah hati Anda, karena jika tak makan dengan cukup, khususnya kandungan nutrisi yang Anda konsumsi, maka bisa memicu bayi juga kekurangan nutrisi, khususnya asam folat yang membantu pembentukan tubuh buah hati agar lahir sempurna.
  3. Mulai mengenali tanda kehamilan yang terjadi pada Anda, nyatanya banyak orang yang tak sadar bahwa mereka sedang hamil, sehingga kegiatan yang dilakukan juga biasa seperti aktivitas pada umumnya, tanpa mencukupi kebutuhan nutrisi, sehingga perkembangan anak juga tak optimal.
  4. Hindari rokok dan juga alkohol, wanita yang memiliki kebiasaan dalam konsumsi alkohol dan juga merokok, sebaiknya ketika sudah memasuki masa kehamilan hentikan hal ini, ubah dengan gaya hidup yang lebih sehat. Karena 2 bahan tersebut sebenarnya adalah zat racun yang bisa memicu cacat pada janin yang sedang dikandung.

Sebenarnya sangat mudah menjaga kehamilan Anda, apalagi yang sudah diagnosa hamil bayi kembar. Cukup dengan istirahat cukup, kurangi aktivitas dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Tambahan lainnya adalah rajin dalam melakukan check up atau memeriksakan kandungan ke dokter. Sehingga nantinya Anda akan mendapatkan kesehatan dan cegah bayi lahir kembar siam.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *