Tips dan Trik

4 Cara Mudah untuk Mencegah Terjadinya Bayi Kembar Siam

Memiliki keturunan merupakan impian bagi semua pasangan suami istri terlebih jika berhasil melahirkan sepasang bayi kembar yang sehat, tentu hal tersebut merupakan anugerah yang tak terkira. Namun tidak semua kehamilan kembar akan melahirkan sepasang bayi kembar yang sehat. Ada juga kembar yang tidak normal yaitu kembar siam atau yang juga sering disebut dengan kembar dempet. Disebut dempet karena ada salah satu bagian tubuh yang saling menempel satu sama lain. Kembar yang tidak sempurna ini memang dapat dipisahkan melalui operasi namun tingkat keberhasilannya tidak lebih dari 40%. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah terjadinya kehamilan bayi kembar dempet:

  • Mengenali tanda-tanda/gejala kehamilan.

Bagi sebagian wanita, ada yang kurang memahami seperti apa tanda-tanda atau gejala kehamilan. Banyak yang tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil sehingga seringkali mereka justru mengonsumsi obat-obatan yang kurang baik untuk kesehatan bakal janin di dalam kandungan mereka. Tanda-tanda awal kehamilan seperti mual dan sakit kepala seringkali dianggap sebagai gangguan kesehatan sehingga banyak yang tetap mengonsumsi obat maag atau obat sakit kepala. Kenali gejala awal kehamilan dan hindari konsumsi obat-obatan jika Anda berencana untuk hamil dalam waktu dekat.

  • Penuhi asupan nutrisi yang tepat selama kehamilan.

Asupan nutrisi merupakan hal yang penting selama masa kehamilan karena diperlukan untuk perkembangan fisik dan otak janin dengan sempurna. Penuhi kecukupan gizi selama hamil dengan nutrisi yang penting untuk perkembangan dan kesehatan bayi Anda seperti asam folat, vitamin E, karbohidrat, kalsium, protein dan mineral. Selalu konsumsi makanan yang bergizi seimbang, bila perlu konsumsi multivitamin atau suplemen kehamilan secara rutin.

  • Rutin memeriksakan diri ke dokter.

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan serta untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah bayi kembar siam, maka seorang ibu wajib memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Dengan berkonsultasi ke dokter dan melakukan USG, keluhan dan tanda-tanda kelainan pada perkembangan fisik bayi dapat diketahui lebih awal sehingga memudahkan penanganan terhadap masalah yang terjadi. Anda mungkin juga akan diberi tips-tips penting dari dokter selama masa kehamilan.

  • Jaga kesehatan dan hindari stress.

Meski hingga sampai saat ini, belum ada tim ahli yang dapat memastikan penyebab terjadinya kembar siam atau kembar dempet, namun perencanaan dan masa kehamilan yang terkendali dapat meminimalisir lahirnya bayi kembar dempet. Jaga kesehatan Anda selama masa kehamilan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, olahraga ringan seperti berjalan-jalan dan yoga/senam hamil serta sebisa mungkin hindari pencetus stress. Putar dan dengarkan musik klasik untuk membantu relaksasi Anda sekaligus dapat menstimulasi perkembangan otak janin.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *