Tips dan Trik

4 Ciri Mainan Bayi Berbahaya yang Harus Bunda Waspadai

Sejak usia dini otak manusia memang sudah harus di rangsang agar mengalami perkembangan kecerdasan, salah satu caranya adalah dengan bermain, banyak pilihan mainan bayi yang dapat digunakan untuk melatih otak, sehingga semakin dewasa ada banyak hal baru yang mereka kenal. Meskipun sepele, namun hal ini ternyata sangat penting di dalam mengasah kemampuan otak anak. Ada banyak sekali pilihan mainan yang dijual di pasaran khusus untuk anak di usia dini, tentunya dengan pertimbangan sesuai dengan kemampuan mereka.

Meskipun dampak memberikan mainan kepada buah hati memang sangat bagus, namun satu hal yang harus Anda ketahui bahwa ternyata tak semua produk mainan untuk anak yang dijual di pasaran juga tergolong aman. Faktanya ada cukup banyak diantara bahan-bahan pembuatan berbahaya yang bisa menyebabkan efek jangka panjang, sebut saja diantaranya adalah keracunan, hingga menurunnya fungsi otak anak jika terus menghirup zat kimia yang ada dalam mainan tersebut.

Itulah mengapa sangat penting bagi orang tua di dalam memilihkan mainan bayi yang aman. Setidaknya kenali produk mainan yang memiliki ciri-ciri berbahaya, diantaranya adalah:

Baca Juga:Jenis Permainan Bayi yang Aman untuk Diberikan

  1. Catnya mudah mengelupas, untuk membuat tampilan menjadi semakin menarik, maka sebuah mainan akan diberikan dengan cat warna-warni yang ngejreng, namun tak semua jenis cat yang digunakan tergolong aman, beberapa produknya mengandung bahan kimia berbahaya, apalagi jika sampai masuk ke tubuh anak, salah satunya dari cat yang terkelupas tersebut.
  2. Mainan dengan bentuk tajam, selain dilihat dari segi cat yang digunakan, maka cara mudah untuk mengenali produk yang berbahaya ataupun aman adalah dari bentuknya, beberapa jenis mainan memang sengaja dibuat dengan bentuk yang runcing juga tajam, sehingga memiliki potensi untuk melukai kulit buah hati, atau bahkan beberapa organ vital seperti halnya mata. Jadi jangan membeli mainan semacam ini.
  3. Mainan dengan bahan plastik yang warnanya kusam, ada beberapa jenis plastik yang umum dijadikan sebagai bahan pembuat mainan, diantaranya adalah plastik yang kualitasnya bagus dan juga plastik daur ulang, jenis yang daur ulang ini ditandai dengan warnanya yang kusam, sehingga biasanya produsen menutupnya dengan warna berlebih. Plastik daur ulang mengandung zat kimia berbahaya yang memiliki potensi masuk kedalam tubuh buah hati ketika dipakai bermain.
  4. Mainan dengan bau yang menyengat, kemudian dilihat dari segi aroma atau baunya, beberapa jenis mainan terkadang memiliki aroma sangat menyengat, aroma bahan kimia, bisa diindikasikan kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya, meskipun tak masuk kedalam tubuh lewat mulut, namun karena selalu dihirup secara terus-menerus maka akan menyebabkan keracunan.

Pastikan bunda memilih mainan bayi yang edukatif dan juga aman, produk berbahaya ini banyak dijual di pasaran.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *