Tips dan Trik

4 Faktor Penyebab Kehamilan Bayi Kembar

Banyak yang mengatakan jika banyak anak berarti banyak rezeki, bahkan tak jarang juga diantaranya orang tua yang mengharapkan kelahiran bayi kembar. Jadi sekali hamil bisa mendapatkan lebih dari satu. Tak jarang bahkan diantaranya bayi tersebut lahir kembar lebih dari 2, bahkan ada yang pernah mendapatkan 5 anak sekaligus dalam sekali kelahiran, padahal itu merupakan program kehamilan normal, bukan menggunakan sistem bayi tabung atau yang lainnya.

4 Faktor Penyebab Kehamilan Bayi Kembar

Kelahiran bayi secara kembar ini tentunya banyak dinantikan oleh masyarakat, bahkan tak jarang diantaranya yang sengaja mengambil program khusus sehingga nantinya bisa mendapatkan buah hati langsung lebih dari satu pada sekali lahir. Meskipun hal tersebut memang agak sulit untuk dilakukan. Ada beberapa faktor yang ternyata sangat mempengaruhi kelahiran bayi kembar ini, diantaranya adalah:

  1. Etnis, faktanya memang hanya 1 dari 60 ibu hamil yang bisa mendapatkan bayi lahir kembar, di negara Afrika sendiri yang mayoritas dihuni oleh suku berkulit hitam, prosentase mereka memiliki kehamilan kembar sangatlah tinggi dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya, hal ini menunjukkan bahwa ternyata etnis sangat mempengaruhi kehamilan kembar kepada manusia.
  2. Usia, faktanya dibandingkan dengan orang-orang yang hamil di usia muda, mereka yang hamil di usia tua, diantaranya adalah 35 tahun ke atas, prosentase untuk memiliki anak kembar lebih tinggi, karena memang pada kondisi itu kandungan terbilang lebih siap dibandingkan saat masih muda. Namun juga tidak bisa dipungkiri dalam beberapa kondisi kehamilan di usia muda tetap mungkin untuk mendapatkan anak kembar, asalkan kondisi tubuh wanita sehat dan mengalami ovulasi ganda, jadi terjadi pembuahan lebih dari satu di saat bersamaan.
  3. Keturunan, orang-orang yang memiliki keturunan atau keluarga yang melahirkan anak kembar, biasanya memiliki kemungkinan juga bisa dapatkan anak kembar, karena genetik dari keluarga sangat berpengaruh besar terhadap hal tersebut. Biasanya kondisi semacam ini lebih diturunkan kepada anak perempuan, khususnya dari segi ovulasi mereka.
  4. IVF, ini adalah sebuah metode yang juga dikenal dengan nama bayi tabung, dimana jika seorang pasangan ingin mendapatkan anak kembar, maka mereka akan melalui serangkaian proses media mulai dari pembuahan dari luar hingga nantinya zigot akan dimasukkan kembali kedalam rahim wanita, sehingga bisa mendapatkan bayi yang kembar, proses ini juga memastikan bahwa pembuahan terjadi lebih dari satu, sehingga kemungkinan keberhasilan sangatlah tinggi.

Terkadang pola hidup dan juga kesehatan juga sangat mempengaruhi seseorang untuk bisa dapatkan bayi kembar, sehingga jika Anda memiliki keinginan semacam ini, ada baiknya untuk mulai direncanakan dari sekarang dengan suami, mulai ubah pola hidup menjadi lebih sehat, rajin olahraga dan konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *