Tips dan Trik

4 Hal Penting untuk Diketahui Ibu Sebelum Mengaplikasikan Bedak Bayi

Memakaikan bedak bayi untuk si kecil yang masih di usia bawah satu tahun sampai saat ini memang masih pro dan kontra. Bedak khusus bayi umumnya berbentuk tabur dan difungsikan untuk mencegah biang keringat sekaligus memberikan aroma segar ke tubuh bayi. Sayangnya, ada kabar berhembus bahwa pemakaian bedak ini bisa memicu berbagai gangguan penyakit pada si kecil. Misalnya penyakit infeksi pada kelamin khususnya bayi perempuan, yang muncul akibat pemakaian bedak ketika bayi usai buang air kecil ataupun besar.

Pahami Berbagai Hal Terkait Bedak Khusus Bayi

Masih adanya pro dan kontra mengenai pemakaian bedak pada bayi sebenarnya tidak harus menghilangkan bedak sama sekali. Ada serangkaian hal wajib diketahui supaya aman-aman saja memakaikan bedak ke tubuh si kecil, berikut beberapa diantaranya:

  • Bagian tubuh mana saja yang aman dibedaki,

Fungsi utama bedak bagi bayi adalah untuk mengatasi dan mencegah biang keringat sekaligus memberikan aroma segar. Maka ada bagian tubuh tertentu yang ideal menjadi tempat bedak diaplikasikan, seperti lipatan paha, lipatan lengan atau ketiak, dan punggung bukan pada area vital.

  • Cara tepat memakaikan bedak ke badan bayi,

Biasanya ibu sering memakai puff khusus berbentuk bunga sebagai media mengaplikasikan bedak bayi ke tubuh si kecil. Namun cara tradisional dan umum ini ternyata keliru sebab bisa membuat bedak beterbangan kemana-mana dan bisa menyumbat pernafasan si kecil. Paling aman memakaikan bedak ke tubuh bayi dengan cara menuangkan sedikit ke telapak tangan Anda. usap perlahan sampai seluruh telapak tangan tertutup bedak baru kemudian diusapkan ke tubuh si kecil, sehingga aman dari bedak beterbangan.

perhatikan juga beberapa hal tentang perawatan bayi yang benar, baca saja di cumahobi.com

  • Pahami fungsi atau kegunaan bedak,

Secara umum bedak khusus bayi ini menghadirkan fungsi yang sangat beragam, sehingga ketika ada kontra pemakaiannya. Tetap saja banyak ibu mengaplikasikan bedak ke tubuh si kecil sebab fungsinya sendiri bisa sebagai pelindung kulit bayi. Bedak bisa membantu meredakan efek biang keringat sekaligus mencegahnya, sehingga meski cuaca panas kulit bayi tetap sehat. Selain itu bedak juga membantu melindungi kulit bayi dari gesekan, sehingga bebas goresan dan rasa perih. Ditambah lagi sensasi kesegaran akan dirasakan bayi dan orang sekitar yang menghirup aromanya.

  • Hal-hal yang perlu dihindari,

Bedak dengan segala manfaatnya membuatnya menjadi kebutuhan bagi setiap orangtua untuk melindungi buah hati. Namun ada beberapa hal yang wajib sekali dihindari, pertama pemakaian bedak tipis saja sebab jika terlalu tebal bisa memicu biang keringat. Kedua, hindari pemakaian bedak di area kulit yang terluka sebab bisa menyebabkan peradangan. Selain itu tidak bisa digunakan untuk mengeringkan kulit yang berkeringat atau basah setelah cebok, sehingga pemakaian bedak bayi hanya sebagai pelindung bukan pengering kulit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *