Tips dan Trik

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Usia Bayi Mencapai 15 Minggu

Usia bayi yang telah mencapai 15 minggu akan mulai menyimpulkan dunia di sekitarnya. Keingintahuan meningkat bahkan untuk bayangannya sendiri. Dia akan senang dan mungkin akan tersenyum lebar saat menatap bayangannya atau bayangan orang lain.

4 Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Usia Bayi Mencapai 15 Minggu

Hal-hal yang mungkin dilakukan bayi berusia 15 minggu

  • saat digendong Menjaga kepalanya tetap tegak
  • saat menelungkup Mengangkat dada dengan tangannya
  • Berbalik dalam satu arah
  • Berusaha mengambil benda-benda di sekitarnya
  • Fokus pada benda berukuran kecil seperti botol minyak bayi atau botol bedak (tapi jangan biarkan benda-benda berukuran kecil ada dalam jangkauan anak)

Apa yang harus dilakukan saat usia bayi 15 minggu?

Saat Anda sedang bersiap-siap di pagi hari, dudukkan bayi di depan cermin atau Pasang cermin di sebelahnya. Dia tidak akan mengenali dirinya di dalam cermin, tapi ini bukan masalah. Bayi akan suka menatap bayangannya atau orang lain di dalam cermin.

Demi mendengarkan suara Anda ia mungkin akan berhenti mengisap jempol atau meminum susu botol. Biarkan bayi mendekur atau membuat suara, dan terus ajak bicara pada bayi saat Anda sedang bersamanya atau mengerjakan sesuatu di dekat buah hati Anda. Ini bukan hanya membuat koneksi antara Anda dan bayi Anda, melainkan juga mendorongnya untuk mengutarakan perasaannya. Tunggu dan lihat apakah bayi memiliki tanda ingin menjawab atau bereaksi.

Ketika Anda sedang berkumpul bersama teman-teman, biarkan bayi duduk dekat dengan tempat Anda sehingga dia bisa mendengar beragam percakapan atau interaksi antara orang-orang. Bayi akan senang melihat anak lain yang bermain, bayi yang lebih tua belajar berjalan, atau melihat hewan peliharaan. Apapun dalam jangkauan usia bayi 15 minggu akan menjadi mainannya. Berikan mainan yang mudah diraih pada bayi karena usia tersebut sudah sangat bagus dalam memegang benda.

Apa yang harus saya ketahui tentang usia bayi 15 minggu?

  1. Candidiasis mulut

Candidiasis mulut adalah infeksi jamur pada mulut karena ragi Candida albicans. Bila Anda merasa anak Anda memiliki bintik putih di dalam pipi atau di atas lidah dan bibir yang tidak bisa dilap bersih (seperti bekas muntah), ini mungkin pertanda sariawan mulut. Dapatkan resep obat untuk Anda dan sikecil dengan membicarakannya bersama dokter.

  1. Penis bayi bengkak

Saat melihat penis bayi membengkak mungkin Anda akan langsung cemas. Padahal terkadang bayi Anda hanya menderita ruam karena popok. Bila Anda memakaikan popok kain, ganti dengan popok sekali pakai. Hubungi dokter jika kondisi bayi tidak kunjung membaik.

  1. Gerakan spastik

Walaupun sudah lama berkembang sejak masih dalam kandungan, sistem saraf bayi masih belum sempurna dan lengkap, sehingga otak bayi masih belum bisa sepenuhnya menangani semua hal. Terkadang, bayi hanya bisa mencapai mainan yang terdekat. Dalam perkembangan fungsi motorik bayi, Koordinasi yang kurang baik merupakan hal normal. Jika masih cemas konsultasikan dengan dokter.

Hal yang harus Anda perhatikan dari bayi berusia 15 minggu

Terbangun di malam hari untuk menyusui adalah hal yang biasa dilakukan. Tapi sebaiknya Kurangi frekuensi menyusui perlahan supaya bisa tidur lebih lama dan nyenyak, dan mungkin bisa membantu pola tidur anak lebih baik, dengan cara:

  • Bukan lebih sering, tetapi waktu menyusui Anda lebih lama.
  • Bangunkan bayi untuk menyusui di siang hari
  • Di siang hari Pastikan bayi telah meminum cukup susu
  • Tingkatkan waktu menyusui perlahan
  • Sesuaikan kebutuhan susunya dengan menyusuinya lebih lama atau lebih sebentar
  • Jangan memakaikan popok pada bayi di malam hari kalau tidak benar-benar penting
  • Pertimbangkan untuk tidak tidur sekamar dengan bayi. Kadang bayi bisa tenang dengan sendirinya tanpa harus digendong untuk ditenangkan.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *