Tips dan Trik

4 Kiat yang Membantu Mencegah Terjadinya Ruam Popok Pada Bayi

Kulit bayi memang sifatnya sangat sensitif, ketika mereka tumbuh dewasa maka kulit ini perlahan akan semakin menebal sehingga tidak terlalu sensitif lagi. Bagi ibu yang memiliki bayi kecil tentunya perlu memperhatikan kesehatan dan kebersihan kulit si bayi, terutama di bagian organ vitalnya. Daerah ini sering sekali mengalami ruam popok karena memang cenderung lembab dan berlipat maka mudah sekali mengalami iritasi, atau ruam tadi. Namun, ibu kini tidak perlu cemas sebab ada banyak usaha yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Mencegah Ruam Pada Bayi Secara Efektif

Ruam di area genital si kecil seperti pada bokong, lipatan paha, dan area sekitarnya memang membuat orangtua manapun cemas. Supaya tidak bingung ada baiknya mencegah ruam tersebut dan berikut adalah beberapa kiatnya:

  • Jangan terlalu sering memakai diapers,

Diapers atau popok sekali pakai memang praktis dan menjadi pilihan masa kini, namun usahakan tidak terlalu sering memakainya. Ketika di rumah baiknya memakai popok kain karena diapers ini bisa memicu ruam sebab air seni bayi akan terkumpul di dasar diapers tersebut. Berbeda dengan popok kain yang ketika pipis atau pop segera diganti.

  • Teliti dalam memilih popok kain,

Popok kain menjadi sahabat bagi para ibu untuk membantu mencegah terjadinya ruam popok pada buah hatinya. Sebab lebih mudah dijaga kebersihannya sehingga area kulit sekitar organ vital bayi selalu dalam kondisi bersih. Namun jangan asal memakaikan popok kain usahakan memperhatikan desain dan bahannya, terutama bahan popok tersebut. Pilih popok dari kain yang lembut supaya tidak menyebabkan iritasi kulit kemudian pastikan tidak panas sehingga bayi nyaman memakainya.

  • Pastikan ukuran popoknya tepat,

Ukuran popok juga penting untuk diperhatikan, idealnya tidak terlalu ketat kecuali ketika memakai diapers. Maka pilih yang ukurannya sangat pas untuk menghindari kebocoran apalagi saat diajak bepergian maka perjalanan bersama si kecil tetap nyaman. Memakaikan popok yang kekecilan akan membuat area lipatan kulit bayi mudah teriritasi karena bergesekan dengan popok tersebut. Maka selalu pilih yang agak longgar, kalau diapers pastikan memakai yang sirkulasinya baik untuk menghindari kelembaban yang berlebihan.

  • Menjaga kebersihan area genital bayi,

Kebersihan juga menjadi solusi terbaik memerangi sekaligus mencegah terjadinya ruam pada bokong dan lipatan paha si kecil. Usahakan untuk memperhatikan kebersihan air yang dipakai memandikan bayi sekaligus pada saat menceboki si kecil usai buang air kecil maupun besar. Khusus pemakaian diapers baiknya dicek per 3 jam sekali dan segera ganti kalau sudah lumayan lembab. Kulit yang dibuat tetap kering bisa mencegah adanya ruam, maka pastikan memakaikan popok saat kulit bayi sudah kering sempurna sehingga masalah ruam popok tidak mudah muncul.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *