Tips dan Trik

4 Langkah untuk Memaksimalkan Keberhasilan Bayi Tabung

Memiliki seorang anak atau penerus keturunan memang dambaan bagi siapa saja yang sudah berumah tangga. Rasanya, kehidupan rumah tangga tidak lengkap tanpa adanya kehadiran anak. Namun, faktanya tidak semua pasangan suami istri beruntung mendapatkan keturunan dengan mudah, terlebih bagi pasangan yang mengalami infertilitas. Program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF) bisa menjadi solusi terakhir bagi pasutri yang ingin mendapatkan keturunan. Tingkat keberhasilan program tersebut sebenarnya berbeda-beda, namun tenang saja. Masih ada langkah-langkah khusus untuk memaksimalkan kemungkinan Anda berhasil mengandung dari program yang Anda ikuti tersebut. Seperti di bawah ini:

  • Fertility cleansing.

Fertility cleansing atau pembersihan kesuburan ini merupakan satu dari sekian banyak persiapan untuk menjalani prosedur bayi tabung yang selanjutnya. Proses fertility cleansing ini dapat menyehatkan sirkulasi serta menyeimbangkan hormon. Tujuan utama dari proses ini untuk memperbaiki fungsi liver, meningkatkan keseimbangan hormon serta menjadi semacam detoksifikasi atau proses pembuangan racun serta polutan yang mengendap dalam tubuh. Selain itu, fertility cleansing juga dapat melancarkan sirkulasi darah menuju rahim, membersihkan dan membuang sisa-sisa darah menstruasi serta memperkuat tonus otot rahim. Proses ini biasanya memakan waktu 25-30 hari dan disesuaikan dengan siklus menstruasi.

  • Pijat kesuburan.

Pijat fertilitas atau pijat untuk kesuburan ini merupakan salah satu cara alami untuk membantu para wanita sebagai persiapan sebelum memasuki tahap demi tahap prosedur IVF serta kehamilannya. Pijat ini dapat menjadi terapi untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh, mengurangi stress serta melancarkan sirkulasi darah menuju sistem reproduksi dan meningkatkan kesehatan rahim. Pijat kesuburan yang juga dapat membantu menyeimbangkan hormon ini sebaiknya dihentikan setelah tahap awal dalam prosedur IVF dimulai.

  • Jaga asupan nutrisi.

Untuk meningkatkan kesuburan, Anda juga membutuhkan asupan makanan dan nutrisi yang dapat memperbaiki fungsi hormonal, keseimbangan hormon serta produksi hormon yang berpengaruh terhadap fertilitas. Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin E dan Asam Folat, dan juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dokter juga biasanya akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi multivitamin alami atau suplemen prenatal yang kaya akan asam amino. Anda juga dapat mengonsumsi royal jelly atau ramuan madu penguat rahim.

  • Relaksasi (akupuntur, hipnosis atau meditasi).

Obat atau suplemen yang diberikan mungkin hanya akan berpengaruh pada tubuh Anda, namun tidak dengan kesiapan mental Anda. Tidak menutup kemungkinan karena merasa gugup dalam menjalani proses bayi tabung, Anda akan mengalami stress. Sehingga cara yan dapat Anda lakukan adalah menjalani salah satu dari sekian banyak jenis relaksasi seperti akupuntur, hipnosis atau meditasi seperti yoga. Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, proses relaksasi ini selain dapat mengurangi stress, juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan hormon.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *