Tips dan Trik

4 Manfaat Menggunakan Dot Bayi Pada Si kecil

Bayi memang hanya bisa mendapatkan asupan nutrisi dari asi atau air susu ibu, sehingga tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan mereka akan ibunya jadi hal yang sangat penting. Namun tak jarang diantaranya beragam faktor menyebabkan ibu tidak bisa selalu menyusui buah hati mereka, sehingga mau tak mau mengambil alternatif lain yaitu dengan memberikan susu formula, yaitu produk susu yang banyak dijual di pasaran, tentunya dengan bantuan botol dan juga dot bayi.

 4 Manfaat Menggunakan Dot Bayi Pada Si kecil

Tentunya produk susu formula yang dipilih juga tidak sembarangan, melainkan yang sesuai dengan usia dan juga kebutuhan gizi bagi mereka. Begitu juga dalam rangka pemilihan botol susu dan dot yang akan digunakan. Bagaimanapun produk yang satu ini nantinya akan berhubungan dengan sarana yang membantu melengkapi asupan nutrisi untuk buah hati Anda, sehingga mau tak mau harus memilih yang berkualitas, karena tak jarang beberapa botol susu atau dot yang dibuat dari bahan kurang begitu bagus, sehingga menyebabkan terjadinya resiko-resiko tertentu pada kesehatan mereka.

Hanya saja di satu sisi menggunakan dot bayi ini sendiri ternyata juga memberikan banyak sekali manfaat untuk si kecil, diantaranya adalah: 

  1. Dapat mengurangi resiko bayi meninggal karena syndrome SIDS, yaitu sebuah kondisi dimana bayi menangis untuk waktu yang lama, hingga terkadang kesulitan di dalam bernapas, akibat yang paling buruk adalah bisa sampai kehilangan nyawa. Dengan dot biasanya mereka akan terhibur dan berhenti ketika menangis.
  2. Membantu untuk membuat bayi lebih lelap dalam tidur, jelang tidur biasanya mereka akan menyusu terlebih dahulu, dot ini sangat membantu mereka di dalam membuatnya bisa tertidur secara lebih lelap dan kian cepat.
  3. Mengalihkan perhatian si kecil, contohnya adalah untuk masa menyapih, agar nantinya bayi tidak lagi minum asi secara eksklusif apalagi juga terkait dengan kesibukan orang tua, maka dot ini adalah sarana yang dapat mengganti mengalihkan perhatian mereka. Sehingga mau berganti dari mengkonsumsi asi eksklusif dan mulai menggunakan dot.
  4. Dapat mengurangi rasa tidak nyaman ketika bayi bepergian dengan naik kendaraan umum, baik itu bus, kereta ataupun pesawat, biasanya jika itu adalah perjalanan pertama bagi mereka, maka tidak jarang buah hati akan mengalami rasa yang kurang nyaman dengan lingkungannya dan menyebabkan mereka jadi lebih rewel, salah satu cara mudah mengatasinya dengan membawa dot ini.

Namun pastikan juga pemakaiannya dalam jangka waktu atau usia yang normal, bagaimanapun jika keterusan nantinya menyebabkan efek berbahaya seperti menganggu pertumbuhan gigi mereka. Pastikan juga untuk mengganti dot bayi secara teratur, hanya gunakan yang kondisinya bersih, karena sangat mempengaruhi kesehatan ketika si kecil memakainya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *