Perawatan Bayi

4 Manfaat Pijat Bayi untuk Kesehatan

Pijat bayi merupakan salah satu cara yang bisa digunakan yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga pertumbuhan bayi. Sama halnya dengan orang dewasa lainnya biasanya setelah pijat maka Anda akan dapat untuk mempunyai banyak keuntungan yang dirasakan. Begitu juga ketika setelah bayi yang dipijat juga akan banyak manfaat yang dapat dirasakannya. Pijat untuk bayi harus dipilih karena berbeda dengan pijat yang diterima oleh orang dewasa pada umumnya. Sehingga Anda harus memilih pijat untuk bayi yang tepat sebelum menyerahkan bayi untuk dipijat. Dimana apabila bayi dipijat secara rutin ini akan mempunyai beberapa manfaat yang bisa dirasakan untuk kesehatannya seperti berikut ini:

4 Manfaat Pijat Bayi untuk Kesehatan 

  • Dapat meningkatkan pertumbuhan

Manfaat pertama yang dapat dirasakan setelah melakukan pijat adalah dapat untuk meningkatkan pertumbuhan bayi. Hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan bernama Schanberg. Dimana ketika bayi dipijat dapat untuk berpengaruh pada pertumbuhan bayi karena mempengaruhi hormon pertumbuhannya ketika tubuh sedang dipijat. Oleh karena itulah bayi bisa untuk dipijat secara rutin sehingga membuat pertumbuhan bayi baik dan tidak mengalami gangguan selama masa tumbuh kembangnya tersebut. Selain itu pijat ini juga berkhasiat dapat untuk mengatasi masalah tumbuh kembang bayi yang bermasalah seperti terlambatnya perkembangan bayi.

  • Membuat tidur lebih pulas

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan dari pijat bayi adalah dapat untuk membuat tidurnya lebih pulas. Hal ini juga dirasakan oleh pijat untuk orang dewasa yang akan membuat badan menjadi lebih rileks. Dengan melakukan pijat tersebut akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Sehingga hal tersebut akan membuat otak juga berfungsi lebih optimal dan dapat membuat konsentrasi yang lebih baik. Sehingga setelah dipijat bayi akan lebih tidur lebih lelap dan pulas karena badannya lebih rileks.

  • Meningkatkan berat badan

Biasanya bayi yang dipijat juga karena mempunyai masalah dengan nafsu makannya. Dan setelah dipijat biasanya akan membuat nafsu makannya menjadi baik lagi sehingga bisa untuk meningkatkan berat badan bayi. Hal tersebut pada umumnya karena tubuh bayi yang mengalami masalah pencernaan sehingga bayi mempunyai nafsu makan yang menurun. Selain itu memberikan pijatan untuk bayi juga dapat untuk meningkatkan berat badan untuk bayi prematur sehingga mendapatkan berat badan lebih ideal. 

  • Memperkenalkan bagian tubuh pada bayi

Dan manfaat terakhir dari pijat bayi adalah dapat untuk memperkenalkan bagian tubuh semenjak kecil. Hal tersebut karena selama pemijatan berlangsung akan terjadi komunikasi yang dilakukan. Hal tersebut juga bisa menjadi cara untuk mengenalkan bagian tubuh yang sedang dipijat dari tangan, jari, kaki, dan juga bagian tubuh lainnya. Oleh karena itulah hal tersebut sangat berguna untuk memperkenalkan anggota badannya sedari dini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *