Perawatan Bayi

4 Perawatan Bayi Berikut Bisa Membantu Si Kecil Belajar Bicara Sejak Dini

Terdapat beragam trik dalam perawatan bayi untuk memberikan stimulasi supaya mereka mampu belajar berbicara lebih cepat. Secara alami kemampuan berbicara pada bayi akan mulai terlihat ketika memasuki usia 7 bulan. Meskipun tidak semua bayi demikian sebab satu bayi dengan lainnya memang memiliki masa tumbuh kembang yang berbeda-beda. Entah si kecil memiliki perkembangan lebih cepat ataupun lebih lambat dalam menunjukan kemampuan berbicaranya. Tentu bukanlah tindakan salah dan berlebihan sebagai orangtua sudah memberikan stimulasi untuk kemampuan tersebut.

Bagaimana Memberikan Stimulasi yang Tepat?

Meningkatkan kemampuan berbicara pada anak ternyata bisa didukung dengan pemberian stimulasi khusus sehingga semakin fasih bagi si kecil untuk berbicara. Berikut beberapa bentuk stimulasi yang bisa diberikan oleh para orangtua:

  • Sering mengajak bayi mengobrol,

Mengasah kemampuan bayi dalam berbicara tentu semakin efektif ketika orangtua aktif mengajak mereka bicara. Mulailah sejak dini untuk mengajak bayi mengobrol mengenai banyak hal, tidak masalah terlihat seperti bicara sendiri. Sebab perlahan kosa kata bayi akan bertambah dan baik untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya sejak dini. Sesekali minta pendapat si kecil sehingga mereka pun belajar memberi respon.

  • Baiknya kurangi waktu televisi menyala,

Mengajak si kecil berbicara selama mereka belum bisa berbicara memang baiknya tidak memperkenalkan mereka dengan televisi. Sebab dengan adanya suara dan gambar maka interaksi antara bayi dengan orangtua semakin terbatas. Bayi malah cenderung pasif, berbeda jika perawatan bayi untuk belajar bicara dilakukan langsung oleh orangtua. Mereka akan mendengar dan melakukan aksi sebagai respon atas apa yang dikatakan orangtua. Batasi waktu televisi menyala sehingga bisa lebih sering mengajak anak bicara.

Baca juga beberapa perawatan yang khusu bagi buah hati anda, lihat selengkapnya di boxbayi.net

  • Ajak buah hati bernyanyi bersama,

Kalau merasa lelah berbicara banyak hal maka bisa mencoba melatih kemampuan bicara si kecil sejak bayi dengan cara bernyanyi bersama. Ada banyak lagu anak-anak yang bisa diajarkan dan dinyanyikan di depan si kecil. Perlahan si kecil pun akan hafal dengan liriknya sekaligus bisa memberi respon apakah senang atau tidak suka dengan lagu tersebut. Bernyanyi lagu anak sesering mungkin tentu berdampak baik, bisa pula mengandalkan DVD berisi lagu anak-anak sebagai pilihan lain.

  • Bacakan banyak buku pada bayi,

Memperkenalkan banyak kata-kata pada si kecil memang bisa dengan beragam cara, namun baiknya interaksi belajar dilakukan langsung dengan orangtua maupun orang sekitar. Selain mengajak mengobrol dan menyanyi, bisa pula memilih membacakan buku cerita. Saat ini ada banyak buku cerita khusus anak-anak lengkap dengan gambar yang lucu dan menarik. Bacakan pada bayi meski mereka belum mengerti, setidaknya bisa mengajarkan bayi bagaimana berbicara dan kata-katanya seperti apa. Selama perawatan bayi untuk tujuan belajar bicara usahakan bicara baik dan benar jangan berteriak-teriak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *