Tips dan Trik

4 Persiapan Terbaik yang Perlu Dilakukan Sebelum Belanja Imlek

Menjelang Imlek tentunya banyak sekali daftar belanja sudah disusun, sebab kebutuhan perayaan Imlek memang cukup banyak. Mulai dari pernak-pernik penghias ruangan berciri khas hari raya ini maupun kebutuhan kuliner. Sebab biasanya perayaan Imlek kurang lengkap kalau belum bersantap bersama keluarga, baik di rumah orangtua maupun di restoran. Berhubung kebutuhan hari raya ini sangat banyak maka susun persiapan belanja Imlek dengan cermat, agar semua terpenuhi namun tidak boros.

Secara umum belanja menjelang hari raya umat Khonghucu ini memang banjir diskon dan promo menarik lainnya. Sebagaimana dengan hari raya lain memang wajar kalau promo bertebaran dimana-mana baik di situs belanja online maupun konvensional. Tidak hanya promo di tempat belanja saja biasanya juga hadir di restoran ataupun warung makan sehingga bersantap pun menjadi semakin hemat di hari raya tersebut. Meskipun promo banyak tetap saja harus menyiapkan dana khusus agar keuangan sehat pasca Imlek.

Persiapan belanja menjelang Imlek:

Membantu merayakan Imlek dengan khidmat dan mampu menyediakan segala kebutuhan hari raya ini maka susun rencana belanja dengan matang. Persiapan yang baik membantu mendapatkan kegiatan belanja yang menyenangkan baik dari segi kebutuhan yang semuanya terpenuhi maupun dari kesehatan finansial. Apalagi kebutuhan banyak dan kalau mengandalkan promo tanpa pintar mengatur daftar belanja dijamin jatuhnya boros juga. Maka lakukan dulu beberapa persiapan dan perencanaan berikut ini:

1. Susun semua kebutuhan belanja jauh-jauh hari,

Berhubung kebutuhan belanja Imlek lumayan banyak terlebih bagi pemilik keluarga besar maka susun daftar belanjanya sejak jauh-jauh hari. Tujuannya untuk memperinci kebutuhan apa saja yang baiknya dibeli dan didahulukan sekaligus menghitung kebutuhan dananya. Membuat daftar belanja juga mencegah ada kebutuhan yang terlewat sehingga perayaan Imlek nanti tidak kurang suatu apapun. Kemudian bisa menyiapkan dana belanjanya sejak daftar belum disusun agar kantong pun di hari H sudah mendukung.

2. Siapkan anggaran khusus sesuai kemampuan,

Setelah menyusun daftar belanja kebutuhan hari raya Imlek maka selanjutnya adalah menyiapkan anggaran yang dibutuhkan. Baiknya tidak disepelekan mengingat jumlah kebutuhannya banyak dan dijamin habis dana banyak pula. Idealnya dana ini disiapkan jauh-jauh hari soal kurang atau tidak itu termasuk urusan di belakang. Sekalipun kurang dijamin tidak terlalu banyak sehingga Anda memiliki kemampuan melindungi sektor finansial supaya selepas Imlek tidak membuat saldo rekening minus.

3. Temukan tempat belanja yang terbaik,

Belanja kebutuhan Imlek baiknya dilakukan mepet, maksudnya sekitar dua atau tiga hari sebelum hari H. Sebab ketika mendekati hari perayaan maka biasanya diskon di berbagai tempat belanja semakin santer. Anda bisa mendapatkan harga yang terbanting dengan maksimal namun pilih dulu tempat belanjanya dengan benar. Promo boleh saja diinfokan melalui poster namun kalau harganya tidak turun tentunya termasuk praktek penipuan. Bandingkan dulu harga dan kualitas barang supaya tidak rugi sudah berbelanja di toko tersebut.

4. Manfaatkan promo secara maksimal,

Adanya promo tentu sebaiknya dimanfaatkan dan jangan takut terkena tipu asalkan Anda mau sedikit teliti. Kalau memang tempat belanja yang dikunjungi memberikan potongan harga menarik saat memakai kartu kredit maka simpan dulu kartu debit Anda, begitupun sebaliknya. Usahakan untuk cermat membaca syarat dan ketentuan dari promo yang dijumpai di tempat belanja kebutuhan Imlek supaya tidak tertipu dan lebih hemat. Biasanya berburu info sebelum belanja Imlek supaya tidak ketinggalan promo terbaik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *