Perawatan Bayi

4 Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Cacar Anak

Cacar air lazim dialami oleh anak-anak, sehingga ketika ada yang menanyakan obat untuk cacar anak, bisa dipastikan cacar yang dimaksud adalah cacar air. Cacar air adalah sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus bernama Varicella Zoster.

Cacar air biasanya menyerang anak-anak berusia 3 – 5 tahun. Gejala awal penderita cacar anak di antaranya adalah badan sedikit demam, lemah, lesu, dan disertai pilek. Sementara itu, pada kasus yang serius biasanya ditandai dengan nyeri sendi dan pusing-pusing. Setelah beberapa hari, muncul bercak-bercak kemerahan berukuran kecil pada kulit. Bercak-bercak ini biasanya ditemukan pertama kali di sekitar perut, punggung, dan dada hingga akhirnya menyebar di sekitar wajah.

Penyakit cacar anak terbilang lama penyembuhannya. Penderita biasanya mengalami cacar air hingga 2 – 3 minggu. Dan karena penyakit ini menular, anak yang sedang kena cacar air biasanya harus dikarantina di rumah selama sakit.

Walaupun penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya, untuk mencegah penyakit menjadi semakin serius, Anda bisa menggunakan ramuan tradisional cacar anak ini untuk mengatasinya.

  1. Jus buah mengkudu

Anda pasti pernah mendengar atau melihat buah ini. Ya, siapa yang tak kenal buah yang rasanya sangat pahit ini? Namun, di balik rasanya yang tidak enak, buah ini sangat mujarab. Buah mengkudu kaya akan khasiat, termasuk menyembuhkan cacar anak. Caranya, ambil kurang lebih 30 gram buah mengkudu matang, cuci bersih, kemudian blender hingga halus untuk dijadikan jus. Berikan ramuan ini kepada anak Anda secara rutin 2 – 3 kali sehari.

  1. Temulawak

Temulawak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati cacar air. Caranya, siapkan sebanyak 15 gram asam jawa, 15 gram kencur, dan air sebanyak 600 ml.  Cuci bersih dan potong kecil-kecil kencur, kemudian campurkan ketiga bahan tadi dan rebus hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Ramuan ini bisa Anda berikan kepada anak Anda sebanyak 2 – 3 kali sehari.

  1. Kacang hijau

Ramuan pertama mungkin akan kurang disukai karena rasanya sangat pahit. Jangan khawatir! Ada solusi lain dengan menggunakan kacang hijau. Caranya, rendam kacang hijau dengan air hingga mengembang, lalu tumbuk halus. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.

  1. Jagung muda

Jagung muda juga bisa digunakan untuk mengobati cacar air. Caranya, siapkan jagung muda secukupnya, kemudian cuci bersih. Setelah itu, parut lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air. Anda bisa menggunakan pengobatan ini secara rutin dari tahap pengobatan hingga menghilangkan bekas cacar air.

Itulah 4 ramuan tradisional untuk mengobati cacar air dengan pengolahan yang sangat mudah. Selain itu, obat tradisional cacar air ini terbilang efektif dan harganya sangat ekonomis!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *