Tips dan Trik

4 Tips Agar Ibu Melahirkan Secara Normal dan Lancar

Masa kehamilan menjadi saat yang paling penting bagi para wanita, karena sebentar lagi anggota keluarga akan bertambah satu, yaitu buah hati. Hanya saja selama masa ini ada banyak sekali hal-hal yang harus dipatuhi jika ingin janin dalam kandungan tumbuh secara optimal dan sehat. Beberapa hal yang kurang baik hendaknya juga dihindari, untuk mencegah bayi lahir tidak sempurna atau cacat. Bahkan selama ibu melahirkan hingga nantinya pasca melahirkan juga banyak sekali hal-hal penting yang harus dihindari.

Tentunya setiap calon ibu menginginkan bayi mereka lahir secara normal dan juga sehat. Hanya beberapa kondisi tak memungkinkan proses kelahiran dilakukan secara normal. Sehingga banyak dokter yang menganjurkan untuk lakukan operasi atau bedah caesar saja. Sebenarnya kelahiran secara normal sendiri bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan, asalkan ada kemauan dan juga usaha dari calon ibu tersebut.

Agar ibu melahirkan normal, maka berikut ini setidaknya tips yang bisa dilakukan selama masa kehamilan trimester pertama hingga jelang kelahiran, diantaranya adalah:

  1. Cukupi asupan nutrisi bagi tubuh Anda dan juga janin dalam kandungan, wanita yang tengah hamil tak hanya makan untuk diri mereka sendiri, melainkan juga buah hati yang ada dalam kandungan. Sehingga sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut, apalagi selama trimester pertama kehamilan tak jarang diantaranya yang kehilangan selera makan, karena gejala seperti mual dan juga muntah.
  2. Kurangi asupan gula yang masuk dalam tubuh, terlalu sering konsumsi makanan maupun minuman manis memang bisa membuat pikiran jadi lebih rileks, namun ketahui juga, bahwa bagi ibu yang tengah hamil hal ini berdampak pada berat badan bayi yang semakin meningkat, berat badan yang berlebih menurunkan kemungkinan kelahiran secara normal. Karena bayi tak bisa keluar dari jalan lahir yang ada, sehingga harus dilakukan operasi.
  3. Banyak berolahraga, olahraga atau bergerak ini bisa dilakukan mulai dari minggu-minggu pertama kehamilan, hingga menjelang kelahiran. Hal ini memiliki manfaat untuk membantu bayi agar bisa berputar sehingga proses melahirkan berjalan secara normal.
  4. Belajar bagaimana cara melahirkan yang benar, ada banyak buku panduan yang bisa digunakan untuk pembelajaran yang satu ini, bahkan terkadang juga beberapa klinik kehamilan membuka les semacam ini. Dengan meningkatnya pengetahuan Anda, maka nantinya proses kelahiran bisa berjalan secara normal dan tidak sakit.

Baca Juga:Menilik Perawatan yang Bisa Dilakukan Bagi Ibu Melahirkan Agar Segera Pulih Setelah Persalinan

Setidaknya cukup dengan mematuhi 4 hal tersebut, maka nantinya ibu melahirkan secara normal juga lancar. Banyak mitos yang berkembang mengenai kelahiran ini, sehingga terkadang membuat calon ibu menjadi takut, namun tetap berpikir positif, tenangkan pikiran semuanya akan berlangsung lancar ketika Anda berpikir dengan jernih dan tidak panik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *