Tips dan Trik

4 Tips & Cara Mengatasi Stress Pada Anak

Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalami stress, ternyata anak-anakpun rentan terkena stess. Apalagi anak-anak yang sudah mulai masuk sekolah, aktivitasnya sudah mulai berubah, mulai belajar bertanggung jawab. Anak harus bisa menyeimbangkan pekerjaan sekolah, rumah, belajar menghadapi ujian, membagi waktu dengan kegiatan ekskul sampai pergaulan dengan teman-temannya. Itulah mengapa anak-anak bisa terkena stress juga. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai gejala dan cara mengatasi stress pada anak, simak uraiannya berikut ini:

Gejala Stres Anak

Anak-anak yang mengalami stress akan memperlihatkan gejala seperti perubahan perilaku, mood, ia cenderung mudah tersinggung, marah, menangis, menolak melakukan aktivitas dan nafsu makan menurun.

Gejala anak yang mengalami stess terlihat dari perilaku yang tidak menunjukkan ketidakpastian, misalnya bicara hal-hal negatif pada dirinya, sering mengeluh sakit kepala, perut dan susah tidur.

Cara Mengatasinya

Setiap orang tua pasti akan cemas melihat perilaku anaknya yang berubah akibat stess dan khawatir berdampak pada kesehatan dan psikologisnya. Anda jangan khawatir dan bersikaplah dengan tenang karena stress bisa bisa diatasi dan disembukan. Berikut cara mengatasi stress pada anak:

  • Luangkan Waktu Bersama Dengan Anak

Cara mengatasi stess pada anak salah satunya adalah meluangkan waktu dengannya. Anda bisa ikut terlibat apa yang senang ia kerjakan di rumah. Misalnya anak senang bermain game, ada waktu Anda menemaninya atau ikut bermain.

  • Asupan Makanan yang Bergizi dan Istirahat yang Cukup

Pastikan anak cukup istirahat dan jangan biarkan ia bergadang. Perhatikan menu makanan dirumah, pilih menu makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembanganya.

Baca Juga:Tips dan Cara Mengatasi Stress Saat Hamil yang Tepat dan Cepat

Sedangkan Kurang tidur dan kekurangan gizi bisa menyebabkan kesehatan menurun akibatnya anak bisa lebih mudah stress. Lamanya waktu tidur yang cukup aadalah 8 jam sehari.

  • Berikan Kasih Sayang dan Menjadi Kawan Menyenangkan

Cara membantu mengurangi/ menyembuhkan stress pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan kasih sayang dan perhatian, sehingga anak merasa ada yang melindungi dirinya.

Selain itu menjadi kawan yang menyenangkan bisa membuat anak menjadi lebih terbuka. Cara ini sangat efektif untuk mengetahui apa yang menjadi beban pikiran anak. Dengan demikian perasaan stess menjadi berkurang karena apa yang menjadi beban dikeluarkan/ diceritakan. Sebagai orang tua Anda harus memberikan nasehat dan solusi yang positif. Bantu anak untuk memahami masalah yang sedang dialaminya.

  • Beri Motivasi

Memberikan motivasi pada anak bisa membuat ia lebih percaya diri terhadap kemampuannya, ia akan terdorong untuk mengatasi masalah yang membebani pikirannya. Beri juga pemahaman untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa membuatnya stess.

Saat anak mengalami stress sebaiknya orang tua mendampinginya, dan tanamkan nilai-nilai dari apa yang ia alami, mosalnya tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, termasuk mengatasi stress pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *