Tips dan Trik

4 Tips Mencuci Baju Anak yang Tepat

Banyak orang yang beranggapan bahwa cara mencuci baju anak dengan baju orang dewasa adalah sama. Namun sebenarnya pendapat tersebut dapat dikatakan kurang tepat. Pakaian anak harus mendapat perhatian khusus dikarenakan kulit anak-anak masih cukup sensitif terhadap zat asing. Berikut ini akan disampaikan tips mencuci pakaian anak yang tepat:

4 Tips Mencuci Baju Anak yang Tepat

Memilih Detergen Khusus

Selain dengan cara yang berbeda, mencuci pakaian anak sebaiknya menggunakan detergen khusus yang diperuntukkan untuk baju anak. Sudah banyak beredar berbagai macam jenis detergen khusus untuk pakaian anak. Penggunaan detergen khusus tersebut sangatlah penting untuk mencegah kulit anak terkena iritasi. Dikarenakan detergen yang aman bagi anak adalah detergen yang tidak mengandung paraben, pelembut maupun pewangi.

Kondisi kulit anak yang masih sensitif akan sangat berbahaya apabila terkena bahan pelembut dan juga pewangi. Padahal bahan pelembut dan juga pewangi banyak ditemukan pada detergen pakaian dewasa. Sehingga akan sangat keliru apabila Anda mencuci pakaian anak dengan menggunakan detergen biasa.

Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai

Meskipun baju baru masih tersegel ataupun terbungkus plastik dengan rapi, namun tidak menutup kemungkinan sudah tercemar dari kuman, debu maupun senyawa lain yang berbahaya. Anda tidak akan tahu bagaimana proses produksi dan distribusi baju tersebut. Oleh karena itu setelah membeli baju baru sebaiknya harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan bahan-bahan ataupun zat asing yang dapat menyebabkan iritasi. Kulit anak tergolong sangat sensitif sehingga harus mendapat perhatian lebih dalam hal kebersihan. Sehingga tidak ada salahnya Anda mencuci baju baru sebelum dikenakan.

Segera Mencuci Baju Kotor

Baju anak sangat mudah terkena kotoran sehingga harus segera dicuci apabila sudah terlihat kotor. Terlebih apabila kotoran tersebut berasal dari noda bekas gumoh, sisaan susu formula, tumpahan ASI ataupun makanan dan minuman. Beberapa orang tidak menyadari bahwa apabila terlalu lama membiarkan noda tertempel di baju maka akan semakin sulit untuk dihilangkan. Sehingga alangkah lebih baik apabila ada baju kotor segeralah untuk mencucinya. Selain mencegah baju kotor menumpuk hal ini juga bertujuan untuk mempermudah menghilangkan noda kotoran.

Membilas Baju Sampai Bersih

Tahap terakhir dalam mencuci adalah membilas pakaian. Tahap terakhir ini sering diabaikan oleh banyak orang. Sebaiknya walaupun mencuci dengan tangan ataupun menggunakan mesin harus dibilas dengan air bersih sampai bersih secara menyeluruh. Jangan sampai ada sisa-sisa busa sabun yang akan menyebabkan rasa gatal apabila terkena kulit sang buah hati. Apabila sudah tidak terdapat sisa sabun di baju segeralah menjemur di bawah paparan sinar matahari. Sinar matahari dipercaya mampu membunuh kuman yang masih tertinggal di baju.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *