Tips dan Trik

4 Tips Merawat Bayi Prematur yang Perlu Anda Perhatikan

Beberapa orangtua diberikan kesempatan istimewa untuk merawat bayi prematur sehingga menjadi pengalaman yang berharga. Bayi yang terlahir prematur atau sebelum waktu lahirnya memang cenderung memiliki fisik lebih lemah, lebih kecil, dan rentan memiliki umur pendek karena komplikasi dan penyebab lainnya. Namun ketika Anda bersabar dan mau belajar merawat bayi yang prematur dijamin akan menjadikannya selalu sehat dan tumbuh dengan normal selayaknya bayi pada umumnya. Menariknya merawat bayi yang lahir prematur tidak harus di rumah sakit, sebab di rumah pun bisa dilakukan.

Tips Merawat Si Kecil yang Prematur di Rumah

Jika merasa butuh merawat si kecil yang lahir muda (prematur) di rumah, maka pelajari teknik untuk memberikan perawatan terbaik. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan supaya tidak salah langkah:

  • Memberikan ASI secara penuh,

Bayi yang terlahir prematur akan memerlukan asupan nutrisi lebih banyak sehingga wajib sekali diberi ASI dalam intensitas yang sering. Jikalau mulut bayi masih terlalu kecil untuk menyusu langsung ibu bisa menempatkan ASI ke dalam gelas lalu diberikan ke bayi memakai pipet atau sendok yang didesain khusus.

  • Rutin memeriksakan kondisi bayi ke dokter,

Sebagai bayi prematur sudah tentu akan memerlukan perawatan khusus dan tidak semua media informasi menyediakan informasinya secara lengkap. Maka dianjurkan bagi kedua orangtua untuk rutin melakukan konsultasi sekaligus memeriksakan kondisi si kecil ke dokter. Sebab dokter akan lebih paham bagaimana kondisi tubuh si kecil sekaligus memberikan opsional tindakan maupun perawatan yang memang dibutuhkan, resiko melakukan kesalahan bisa diperkecil asalkan Anda mau melakukan konsultasi ini.

  • Memastikan tinggal di lingkungan tenang dan sehat,

Demi kenyamanan bayi Anda di rumah usahakan menyiapkan kamar yang nyaman, berikan AC untuk mempermudah mengatur suhu ruangan. Sebab jika terlalu panas akan berdampak buruk bagi kesehatan bayi begitu pula sebaliknya, idealnya suhu kamar diatur antara 25-27 derajat. Kemudian pastikan tinggal di kawasan yang tenang, sehingga tidak mengganggu perkembangan bayi sebab jika terlalu berisik membuat si kecil sulit tidur. Pada akhirnya bayi pun rentan jatuh sakit padahal efeknya bisa beresiko tinggi karena terlahir prematur.

  • Berjemur bersama bayi di pagi hari,

Mendukung pertumbuhan bayi yang lahir prematur sangat dianjurkan untuk diajak berjemur di waktu pagi. Nikmati masa berjemur bersama si kecil di bawah sinar matahari yang hangat secara rutin untuk menyerap Vitamin D sebanyak mungkin. Vitamin satu ini diperlukan tubuh si kecil untuk mendukung pembentukan struktur tulang yang kuat dan tumbuh dengan baik. Sekaligus mengoptimalkan penyerapan nutrisi karena baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh bayi. Berjemur bagi bayi prematur baiknya tidak terlalu lama dan dilakukan di bawah jam 10 pagi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *