Tips dan Trik

4 Tips Simpel Berikut Bisa Membantu Menjadikan Bayi Sehat

Memiliki bayi sehat tentu bukanlah perkara yang bisa dikatakan mudah, sebab faktor yang mempengaruhi kesehatan bayi sangat banyak. Menjadikan si kecil tumbuh sehat dan ceria tentu tidak terlepas dari peran serta kedua orangtua maupun orang-orang di dekatnya. Bayi yang sakit memang normal sebab sejak usia 3 bulan biasanya si kecil sudah memiliki imunitas tinggi. Ketika ada zat atau apapun yang dianggap sebagai bahaya bagi tubuh, maka imunitas tubuh akan langsung memberikan perlindungan dan efeknya beragam.

Tips Menjadikan Si Kecil Selalu Sehat

Misalnya saja tiba-tiba si kecil demam maka bisa jadi menjadi tanda imunitas tubuh melakukan reaksi perlindungan diri dari serangan kuman, virus, dan sebagainya. Maka jangan heran ketika bayi Anda diberi suntikan imunisasi maka biasanya suhu badannya menghangat. Supaya si kecil tumbuh sehat simak dulu beberapa tips berikut:

  • Memberikan ASI maupun susu formula,

Untuk menjadikan si kecil sehat rupanya tidak bisa dipisahkan dari yang namanya ASI, karena mengandung kolostrum yang baik bagi imunitas tubuh. Namun jika ASI tidak memungkinkan diberi bisa mengandalkan susu formula, asalkan nutrisi bayi terpenuhi maka tubuhnya akan lebih sehat.

  • Berikan imunisasi secara teratur,

Imunisasi tentu menjadi salah satu tindakan penting yang perlu diambil agar bayi sehat dan tetap ceria sampai mereka dewasa. Imunisasi bertujuan membentengi tubuh bayi dari serangan berbagai jenis virus dan penyakit. Baiknya orangtua mulai memahami jenis imunisasi untuk bayi dan kapan waktu terbaik untuk pemberiannya. Biasanya bidan akan memberi buku panduan dan buku catatan pemberian imunisasi, usahakan semuanya diberikan. Sehingga semakin sedikit kemungkinan bayi menderita penyakit.

Baca Juga: Vitamin Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat

  • Menjaga kebersihan sebelum dekat dengan bayi,

Orangtua adalah sosok yang paling dekat dengan bayi, setiap selesai melakukan aktifitas apapun dijamin akan langsung bertemu dengan bayinya. Maka penting bagi siapa saja yang hendak memegang bayi untuk memperhatikan kebersihan tubuhnya. Mulailah dengan mencuci tangan dahulu sehingga mencegah penularan bibit penyakit akibat sentuhan antara sumber kuman dan tubuh bayi. Kebersihan orangtua dan orang sekitar bisa memperkecil resiko si kecil sakit dan bahkan mencegah penyakit yang berbahaya. Kalau tidak dimulai dari sekarang maka akan sulit menjaga kesehatan si kecil.

  • Memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan,

Kebersihan lingkungan tentu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tidak hanya pada bayi namun juga orang dewasa. Baiknya orangtua mulai meningkatkan kesadaran akan pentingnya sanitasi, entah terhadap lingkungan rumah maupun sekitarnya. Jaga betul kebersihan setempat untuk menghindari adanya pertumbuhan kuman, bakteri, maupun virus. Lingkungan yang bersih memberi kesempatan lebih besar bagi bayi dan anak-anak untuk tumbuh nyaman dengan badan yang sehat. Sudahkah berusaha menjadikan bayi sehat?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *