Tips dan Trik

4 TREN DI DUNIA IBU YANG UP-TO-DATE

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin mutakhir, orang-orang berlomba untuk menjadi yang terkini. Apalagi dengan adanya media sosial, kurang afdol rasanya bila kita tidak mengikuti tren positif yang kekinian alias up-to-date. Dunia ibu pun tak ketinggalan dengan tren kekinian yang positif. Isu-isu parenting semakin seksi di media sosial sana dan banyak sekali hal positif yang menjadi kekinian.

ASI

Benar sekali, Anda tidak salah baca. ASI sekarang menjadi tren kekinian di dunia ibu. Dulu sebelum televisi merajalela, ASI memang menjadi prioritas utama di kalangan ibu-ibu yang menyusui. Namun, ketika susu formula mulai dipasarkan dan gencar diiklankan dengan kampanye-kampanyenya yang terdengar keren dan prestisius, popularitas ASI perlahan mulai meredup. Seketika itu, susu formua dengan harga selangit seperti menjadi simbol dari status seseorang.

Namun, beberapa tahun belakangan ini banyak bermunculan aktivis-aktivis ASI yang kembali mengampanyekan pemberian ASI untuk bayi. Media sosial pun gencar membicarakan hal ini. ASI kembali populer dan ngetren, kembali ke hakikatnya dan kekinian.

Seminar parenting (pola asuh)

Gerakan-gerakan peduli pola asuh, seperti yang digalakkan oleh Ibu Elly Risman dan Ayah Eddy, kini semakin populer di dunia ibu. Seminar-seminar yang mereka adakan selalu full-booked alias dibanjiri peserta. Rasanya belum kekinian bila belum pernah mengikuti seminar ini.

Semakin banyak orang tua kini menyadari bahwa mereka tidak pernah belajar menjadi orang tua. Mereka hanya belajar dari orang tuanya atau orang-orang di sekitarnya. Tentu saja itu tidak cukup karena zaman telah berubah. Apa yang diterapkan oleh orang tua kita dulu kepada kita, belum tentu cocok bila kita terapkan kepada anak-anak kita. Dengan semakin derasnya arus informasi, kondisi anak-anak kita sangat jauh berbeda dengan saat kita kecil dulu. Contoh kecilnya, dulu ponsel pintar hanya dimiliki oleh para pebisnis, namun sekarang anak umur 5 tahun pun sudah pandai menggunakannya.

Melalui seminar parenting, orang tua sekarang bisa mendapatkan ilmu untuk menjadi orang tua yang baik dan benar. Bila Anda tidak mempelajari ilmu menjadi orang tua, bisa dipastikan Anda tidak akan mampu menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan anak-anak Anda.

Akademis

Dengan semakin banyaknya orang tua yang berilmu, semakin banyak pula orang tua yang sadar bahwa nilai akademis anak bukanlah tolok ukur kesuksesan anak di masa depan. Masih banyak potensi anak yang bisa digali. Kecerdasan bukan lagi karena mendapat nilai 100 atau peringkat pertama di kelas.

Menyiapkan bekal anak

Tren yang satu ini sedang hangat-hangatnya di dunia ibu, khususnya di Instagram. Banyak ibu yang berlomba-lomba menyajikan bekal lengkap yang cantik, yang Istagramable. Hebatnya lagi, mereka bisa menyajikan bekal bernutrisi yang variatif setiap hari. Sungguh luar biasa!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *