Perlengkapan Anak

5 Aspek Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Bayi Baru Lahir  

Bayi baru lahir pada dasarnya memang memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit, sehingga perawatannya juga harus ekstra hati-hati, mengingat takutnya nanti mereka akan lebih mudah sakit jika tidak dirawat dengan benar. Merawat bayi baru lahir ini diperlukan perhatian ekstra dan juga pengalaman sehingga tak jarang jika seandainya para ibu mudah juga meminta bantuan orang lain yang sudah lebih berpengalaman dalam merawat buah hati mereka.

 5 Aspek Penting yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Bayi Baru Lahir  

Setidaknya berikut ini diantara aspek penting yang harus dipelajari agar lebih mudah dalam merawat bayi yang baru lahir, yaitu:

 

  1. Memandikan, bagaimanapun tak hanya orang dewasa, melainkan bayi sendiri juga butuh mandi agar nantinya tubuh mereka tetap bersih dan juga sehat. Namun memandikan bayi yang baru lahir tentulah lebih sulit dibandingkan dengan anak-anak, patut untuk dipelajari sebelumnya bagaimana cara untuk memegang, kemudian juga membasuh tubuh mereka dengan air, suhu air yang digunakan dan produk sabun hingga shampo yang cocok dipakai.
  2. Menggendong, hal lainnya yang tak kalah penting adalah cara menggendong, ingat bahwa untuk bayi yang baru lahir sampai dengan usia 1 bulan umumnya masih belum bisa menopang kepala mereka sendiri, sehingga tidak boleh sembarangan dalam menggendong. Takutnya nanti akan membuat mereka cidera.
  3. Menidurkan, agaknya sebagian besar waktu mereka akan dihabiskan untuk tidur dibandingkan dengan bermain, sehingga harus tau bagaimana cara untuk menidurkan buah hati agar lebih lelap. 
  4. Asupan nutrisinya, satu-satunya jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi yang baru lair adalah asi atau air susu ibu, namun dalam beberapa kondisi seperti bunda tak dapat memproduksi asi dari tubuh mereka, atau dikarenakan masalah kesehatan, maka asi ini dapat diganti dengan sumber nutrisi yang lainnya, seperti diantaranya adalah susu formula yang banyak dijual di pasaran.
  5. Menjaga kebersihan mereka, seperti diantaranya adalah bayi belum bisa mengatur kapan nantinya mereka akan buang air kecil maupun besar, sehingga bunda yang harus lebih ekstra di dalam mengawasi kondisi popok, jika sudah basah artinya harus segera diganti dengan yang baru, tak hanya popok dan juga pakaian saja, melainkan tak kalah penting dari itu juga harus melihat kondisi ruangan yang mereka pakai istirahat, pastikan dalam kondisi yang bersih.

 Baca Juga : 7 Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Menyerang Si Kecil dan Harus Diwaspadai

Setidaknya 5 aspek tersebut jadi begitu penting untuk dipelajari calon ibu mulai dari sekarang agar lebih mudah kedepannya untuk merawat bayi sendiri. Tak perlu meminta bantuan dari orang lain, cukup kerjakan tugas tersebut bersama dengan suami. Karena setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk si kecil bukan, berharap nantinya mereka bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *