Perawatan Bayi

5 Cara Tepat Merawat Bayi Pasca Disunat

Sunat adalah salah satu tindakan bedah dengan membuang kulit kulup yang menutupi ujung penis. Umumnya, tindakan untuk bayi laki-laki yang baru lahir ini aman untuk dilakukan selama kondisi bayi dalam keadaan stabil dan sehat. Banyak manfaat kesehatan jika bayi disunat sejak usianya masih belia. Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit kulup. Selain itu, manfaat lainnya, juga bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual.

5 Cara Tepat Merawat Bayi Pasca Disunat

Dibutuhkan perawatan khusus pada bayi yang baru saja disunat. Tidak sama dengan orang dewasa, bayi belum bisa menjaga area penis agar tetap bersih dan sehat setelah sunat. Berikut ini ada beberapa paduan panduan merawat bayi setelah sunat yang bisa Anda lakukan.

Jaga agar tetap bersih

Bayi disunat membutuhkan perawatan khusus pasca tindakan operasi dilakukan. Hal yang paling penting dilakukan adalah menjaga area penis dan selangkangan agar tetap bersih. Pastikan Anda membersihkan area vital bayi dengan menggunakan sabun dan air hangat saat mengganti popok si kecil. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan handuk bertekstur lembut untuk mencegah terjadinya iritasi.

Lindungi penis sebaik mungkin

Umumnya, bayi disunat membutuhkan perlakuan khusus, terutama saat mereka buar air kecil karena area bekas operasi biasanya dibalut oleh perban. Balutan tersebut harus dilepas saat bayi pipis. Hanya saja para orang tua dibuat bingung karena ada beberapa dokter anak yang menyarankan untuk membalutnya kembali, namun ada pula dokter yang menyarankan perban tersebut tidak dibalut kembali.

Jika Anda disarankan untuk membalutnya kembali, maka sebelum membalutnya kembali dengan kain kasa steril sebaiknya oleskan petroleum jelly di ujung penis bayi. Hal tersebut bertujuan agar kasa tidak melekat pada kulit bayi. Namun, jika dokter menyarankan untuk tidak membalutnya kembali, maka oleskan saja petroleum jelly atau salep antibiotik ketika Anda mengganti popok. Hal ini bisa mengurangi  gesekan antara penis bayi Anda dengan popok yang ia kenakan.

Gunakan popok dobel

Penggunaan popok dobel ini bersifat opsional, boleh dilakukan dan boleh juga tidak dilakukan. Namun, yang perlu Anda ketahui penggunaan popok dobel dapat mengurangi nyeri yang dirasakan bayi pasca tindakan operasi karena berperan sebagai bantalan bagi penis bayi sehingga bisa mengurangi tekanan pada daerah tersebut setiap kali ia bergerak.

Hati-hati ketika memandikan bayi

Pasca bayi disunat, Anda tetap boleh memandikannya seperti biasa. Namun, Anda harus menggunakan spons mandi. Atau yang lebih dianjurkan gunakan handuk yang sudah dibasuh dengan air hangat pada dua hari pertama setelah operasi.

Berikan obat pereda nyeri jika diperlukan

Tanda yang dapat dilihat pasca bayi disunat merasakan kesakitan mereka akan menangis, sulit makan dan tidur. Pada 24 jam pertama setelah operasi hal tersebut masih normal dan Anda dapat mengatasinya dengan memberikan obat pereda nyeri berupa acetaminophen. Namun, perhatikan dosis dan petunjuk pemakaian obat sesuai dengan yang disarankan oleh dokter.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *