Tips dan Trik

5 Ciri yang Menandakan Jika Bayi Kenyang

Tidak sama dengan orang dewasa dan anak-anak, bayi tidak bisa berbicara langsung atau berhenti makan saat sudah merasa kenyang. Karena kemampuan berbicaranya yang belum sempurna, bayi kenyang hanya bisa menujukkan gerak-gerik tertentu untuk memberi tahukan jika dirinya sudah kekenyangan.

5 Ciri yang Menandakan Jika Bayi Kenyang

Menebak bayi yang merasa lapar memang terbilang mudah jika dibandingkan dengan bayi yang sudah merasa kenyang. Umumnya bayi mengomunikasikan rasa lapar mereka dengan tanda-tanda umum seperti menangis.

Sayangnya, menebak ekspresi bayi kenyang tidak semudah itu. Namun, Anda sebagai orang tua tak perlu khawatir karena ulasan berikut ini akan membahas mengenai tanda-tanda bayi yang mulai merasa kenyang saat diberi makan.

Bayi mengunci mulut atau menepis makanan yang diberikan

Tanda pertama yang paling mudah dibaca saat bayi kenyang adalah mereka menepis payudara, botol, atau sendok saat Anda mencoba memberinya makanan. Untuk itu, sebaiknya Anda bisa berhenti memberinya ia makan karena bisa saja isyarat tersebut merupakan tanda bahwa dia sudah merasa cukup kenyang untuk saat ini.

Tangan bayi terbuka

Sama halnya dengan orang dewasa, rasa kenyang juga bisa membawa perasaan senang dan damai kepada bayi. Hanya saja, bayi kenyang menunjukkan rasa puas mereka dengan bahasa tubuh, seperti membuka gempalan tangannya saat merasa cukup mendapatkan asupan ASI.

Bayi tertidur

Tak sedikit bayi yang mendadak tidur saat Anda sedang memberinya makan. Jika hal tersebut terjadi di tengah sesi makan, itu berarti bayi sudah cukup merasa kenyang dengan makan yang Anda berikan.

Bayi terlihat aktif dan bahagia

Tak jauh berbeda dengan anak-anak, bayi juga bisa mengekspresikan rasa kenyang mereka dengan gerakan tubuhnya. Bayi kenyang akan terlihat terlihat bahagia dan aktif, maka ia sudah puas dengan makanan yang didapatnya.

Ciri bayi yang sudah cukup makan

Tak hanya memperhatikan tanda bayi kenyang saja, sebagai orang tua Anda juga harus mengetahui apakah si kecil sudah mendapat asupan makanan yang cukup atau belum. Umumnya, bayi yang sudah mendapat asupan nutrisi yang baik bisa dilihat berat badan yang cenderung bertambah secara rutin sesuai kurva pertumbuhannya. Oleh karena itu, Anda harus rajin membawa si kecil ke dokter anak atau puskesmas untuk memeriksa apakah berat badannya sudah ideal sesuai dengan usianya atau belum.

Selain itu, bayi dengan asupan nutrisi yang baik juga dapat dilihat dari seberapa sering mereka buang air. Mungkin Anda merasa jika bayi yang baru lahir sangat jarang buang air, baik buang air besar maupun buang air kecil. Hal tersebut sangatlah normal. Intensitas buang air pada bayi akan bertambah secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena bayi yang dalam masa pertumbuhan sering mendapat asupan makanan dari ASI.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *