Tips dan Trik

5 Fakta Tentang Dunia Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui

Di dunia kehamilan ada banyak hal aneh terjadi yang tidak akan pernah Anda lupakan karena membuat Anda bertanya-tanya. Bagi Anda calon ibu, Anda sebaiknya mengetahui beberapa fakta berikut ini agar tidak terkejut dan bagi Anda calon Ayah agar dapat merasakan perubahan yang terjadi pada istri Anda.

Kulit wanita hamil benar-benar mengilap

Banyak orang yang menganggap bahwa hal ini merupakan mitos dalam dunia kehamilan. Nyatanya, ini adalah fakta. Kulit wanita hamil memang benar-benar mengilap, bahkan menyala. Ini disebabkan oleh kenaikan darah hingga 50% dalam tubuh wanita hamil. Darah yang bertambah ini mengalir dengan cepat di permukaan kulit, terutama wajah. Alhasil, kulit wanita hamil akan tampak cerah dan menyala. Selain itu, hormon yang mengendalikan minyak dalam tubuh menjadi lebih aktif, sehingga kulit tampak lebih lembut dan mengilap.

Saat hamil kaki akan membesar

Kaki wanita hamil akan membesar karena adanya tekanan berlebih pada kaki. Saat hamil tubuh mulai melepaskan ligamen untuk membantu proses persalinan. Pembesaran ini sebenarnya bersifat sementara, namun jika berat badan naik berlebihan, perubahan tersebut bisa jadi permanen.

Pria dapat mengalami gejala hamil

Seorang suami ternyata bisa mengalami gejala-gejala yang terjadi di dunia kehamilan. Dia bisa saja tiba-tiba mengalami morning sickness, berat badannya meningkat tajam, atau bahkan mengalami kram layaknya orang hamil. Anda sebaiknya tidak menertawakan dia karena kondisi yang disebut Couvade Syndrome ini merupakan ungkapan rasa simpati dari sang suami terhadap apa yang dialami oleh istrinya. Kondisi ini sangat wajar karena suami punya hubungan batin yang kuat dengan sang istri dan janin yang dikandung istrinya. Bahkan, Anda seharusnya bahagia karena memiliki suami yang begitu peduli dan memerhatikan Anda.

Masa kehamilan bisa lebih dari 1 tahun

Orang-orang umumnya mengetahui bahwa masa kehamilan adalah 9 bulan 10 hari. Jika lebih dari masa tersebut, biasanya wanita hamil akan segera diinduksi atau dioperasi Cesar untuk mengeluarkan bayi yang dikandungnya. Jika tidak, dokter dapat “memastikan” bahwa bayi  tersebut akan mati keracunan. Benarkah demikian?

Keyakinan tersebut ternyata keliru. Masa kehamilan tidak selalu 9 bulan. Ada banyak kasus yang membuktikan bahwa rata-rata masa kehamilan adalah 10 bulan. Tidak sedikit pula yang mencapai 11 bulan. Rekor kehamilan terlama adalah 375 hari. Dengan demikian, masa kehamilan tidak harus selalu 9 bulan. Itu tergantung dari “matang-tidak”-nya sang bayi di dalam kandungan ibunya.

Kontraksi tidak langsung berhenti setelah bayi lahir

kebanyakan wanita menyangka bahwa menjelang persalinan dia akan mengalami kontraksi yang cukup hebat, dan akan terus berlangsung hingga proses persalinan selesai. Setelah selesai melahirkan, maka selesai pula kontraksi. Anggapan ini ternyata keliru. Setelah anak lahir, kontraksi masih akan terus terjadi, bahkan hingga beberapa hari. Ini sebenarnya merupakan kram otot yang terjadi sebagai cara tubuh untuk menghentikan keluarnya darah dari tubuh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *