Tips dan Trik

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Bayi Cacat

Tidak semua bayi lahir dalam kondisi normal, faktanya memang ada satu dari sekian ibu hamil yang tidak bisa mendapatkan buah hati yang terlahir normal, melainkan dalam kondisi kekurangan, entah itu cacat dari segi fisiknya, maupun jika bisa jadi cacat dari segi mentalnya. Memang tidak semua orang mau menerima hal tersebut, namun karena buah hati sendiri tentunya harus dirawat sebaik-baiknya. Bayi cacat ini sebenarnya memang bukan kondisi baru lagi yang dijumpai.

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Bayi Cacat

Banyak diantara orang tua yang pernah mendapatkan buah hati yang terlahir tidak sempurna semacam ini. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan yang sehat selama kehamilan, faktor asupan nutrisi memang tidak bisa dipungkiri menjadi hal utama yang mempengaruhi optimalisasi pembentukan buah hati ketika berada di dalam kandungan, contohnya saja kecacatan dari segi fisik yang kebanyakan memang disebabkan oleh asupan nutrisi yang diterima oleh ibu saat hamil sebenarnya kurang sehingga pembentukan jaringan tubuh mereka tidak berlangsung secara optimal. Itulah mengapa wanita yang sedang hamil ada baiknya memenuhi setiap kebutuhan asupan nutrisi mereka dan juga janin sehingga bisa berkembang secara sempurna.
  2. Menjauhkan diri dari konsumsi obat-obatan terlarang, wanita yang sedang hamil sebagian diantaranya memang tak akan terlepas dari pola hidup buruk sebelumnya, contohnya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang atau drugs. Namun dengan konsumsi hal-hal semacam ini juga menyebabkan dampak yang kurang begitu baik bagi janin, mempengaruhi kelahiran bayi cacat , mungkin bukan cacat secara fisik, melainkan mental karena pengaruh zat kimia yang masuk kedalam tubuh sedari janin.
  3. Menjauhkan diri dari beban pikiran atau stress, dalam beberapa kondisi memang sering kali diantara wanita yang tetap aktif bekerja meskipun dalam kondisi hamil. Hal ini secara tidak sadar membuat mereka menjadi terbebani pikirannya, mudah lelah baik itu secara fisik maupun mental, pada akibatnya berpengaruh pada kondisi kehamilan, anak lahir cacat atau paling berbahaya adalah resiko keguguran.
  4. Hindari rokok dan juga alkohol, faktor lain yang paling mudah ditemui adalah wanita yang mengkonsumsi kedua jenis bahan ini, yaitu rokok dan juga alkohol, konsumsi secara terus menerus bisa menjadi penyebab zat kimia yang ada dalam bahan-bahan tersebut masuk dan ikut tertelan oleh janin, resiko kecacatan juga jadi semakin tinggi.
  5. Sering-seringlah menggalakkan check medis, untuk mendeteksi sedini mungkin kemungkinan bayi lahir dalam kondisi cacat, karena sekarang ini banyak alat medis yang bisa dipakai untuk mendeteksinya.

Memang tak selamanya penyebab bayi cacat tersebut adalah kesalahan dari orang tua, apalagi mereka yang belum mengerti apapun mengenai kehamilan, sehingga salah dalam perawatannya.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *