Tips dan Trik

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Para Ibu Saat Mencuci Dot Bayi Kurang Tepat

Penggunaan botol susu pada anak sudah sangat biasa dilakukan, ini terkait dengan kesibukan orang tua yang tidak bisa menyusui secara langsung pada waktu-waktu tertentu. Pada dasarnya keberadaan dot bayi memang memberikan manfaat yang besar terhadap orang tua tetapi disisi lain banyak juga nilai kurang dari penggunaan botol tersebut. Salah satu yang sering terjadi adalah kurangnya perawatan yang tepat dari para orang tua, padahal ini sangat berbahaya. Botol yang secara langsung bersentuhan dengan mulut dan masuk kepada pencernaan bayi akan sangat berbahaya jika kotor atau kurang bersih sempurna.

 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Para Ibu Saat Mencuci Dot Bayi Kurang Tepat

Diare menjadi salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh bayi atas kesalahan dan keteledoran para orang tua dalam merawat botol susu yang digunakan. Supaya buah hati Anda terhindari dari hal itu ada baiknya untuk menghindari beberapa kesalahan berikut ini:

  • Lupa mencuci tangan.

Tidak menutup kemungkinan para ibu diluaran sana sering sekali lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan peralatan atau botol anak. Secara sederhana Anda tidak akan bisa membuat ruangan bersih jika sapu yang digunakan kotor ataupun sarang debu. Hal itulah yang harus disadari dan diperbaiki oleh para ibu.

  • Kurang sempurna pada saat membersihkan.

Sedikit saja kotoran yang masih tersisa pada botol anak secara otomatis itu akan memberikan dampak yang sama terhadap kesehatan. Makanya tetap perhatikan secara baik setiap bagian dari dot bayi tersebut apakah memang sudah benar-benar bersih atau tidak, pastikan tidak ada kotoran sedikitpun yang tersisa.

  • Kurang teratur.

Membersihkan botol setelah digunakan dan akan digunakan adalah sesuatu yang wajib sekali untuk dilakukan. Jika Anda sekali saja tidak melakukan pasti akan menimbulkan suatu bahaya besar terhadap kesehatan. Misalnya saja kurang telaten, kurang teratur dan lainnya dalam merawat botol.

  • Tidak sesuai aturan.

Banyak orang tua percaya bahwa dengan merendam botol menggunakan air hangat adalah salah satu solusi untuk merontokkan kuman yang ada pada botol tersebut. Tetapi itu akan terlihat sama saja ketika dalam membersihkan Anda tidak menggunakan air yang mengalir

  • Kebiasaan mensterilkan.

Saat ini sudah ada banyak sekali alat yang dapat digunakan untuk membuat botol bayi Anda benar-benar bersih. Tetapi hal itu akan sama saja ketika Anda tidak menggunakan secara tepat bahkan tidak sesuai dengan aturan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari untuk membuat kondisi botol minum buah hati Anda bersih dan tidak membahayakan saat digunakan. Sebelumnya Anda juga perlu memahami terlebih dahulu beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menilai apakah memang dot bayi tersebut berkualitas atau tidak. Karena jika yang Anda gunakan adalah botol sembarangan atau abal-abal secara otomatis akan memberikan dampak yang tidak jauh berbeda untuk kesehatan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *