Tips dan Trik

5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Bayi Bicara

Meskipun hanya satu kata, melihat anak mulai bisa berbicara menjadi Salah satu momen terindah bagi orangtua. umumnya, saat anak berusia 12 bulan akan mengeluarkan kata pertamanya. Kemampuan bayi bicara mulai berkembang sejak kata pertama tersebut keluar dan seiring bertambahnya usia.

5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Bayi Bicara

Biasanya, anak akan belajar kosakata sederhana Kisaran usia 15 bulan, seperti “mama”, “papa”, dan lainnya. Lalu, kemampuan berbicara dan kosa kata mereka akan semakin berkembang sekitar usia 18 bulan. Ternyata, di samping menunggu perkembangan alaminya, Anda pun bisa membantu meningkatkan kemampuan bicaranya dengan cara berikut:

  1. Perhatikan gerak tangan anak

Sebenarnya banyak kata yang telah dimengerti anak berusia 1 tahun, namun mereka hanya belum bisa mengatakannya pada Anda. Oleh karena itu, perhatikan gerak tangan anak untuk meningkatkan kemampuan bahasa mereka dan membantunya mengaitkan gerak tangan dengan tindakan. Misalnya, saat anak melambaikan tangan respon dengan mengatakan “Dadah!” Atau, saat mereka tak sengaja menunjuk, segera respon dengan “Adik mau mainan? Yang mana? Ini?”

  1. Gunakan kosa kata yang sebenarnya

Anak cenderung menyebut sebuah objek yang dilihatnya dengan kosa kata mereka sendiri karena kemampuan berbicaranya masih terbatas sesuai kemampuan pengucapannya. Itulah yang disebut baby talk alias bahasa bayi.

Namun, untuk membantu anak belajar berbicara dan membantu memperbanyak kosa katanya, Anda tidak perlu ikut-ikutan bahasa bayi tersebut tetapi gunakan kosa kata yang sebenarnya. Sebagai contoh, Anda bisa menanggapi celotehan anak saat menyebut makan “mamam” dengan “oh, mau makan”.

  1. Bacakan cerita secara rutin

Membacakan cerita menjadi Salah satu cara untuk memperbanyak kosa kata anak Anda. Bacakan buku cerita dengan gambar yang ia sukai, setelah itu ceritakan kembali keseluruhan yang berada di dalam buku cerita tersebut.

  1. Perbanyak kosa kata dengan mengajaknya jalan-jalan

Tak hanya bisa menyegarkan pikiran, jalan-jalan (misalnya ke kebun binatang, museum, taman bunga, atau lainnya) sambil melihat bentuk fisiknya secara langsung juga bisa membantu anak Anda belajar kosa kata. Atau, untuk membantu anak Anda belajar bersosialisasi Anda bisa merencanakan waktu bermain sikecil bersama anak-anak lainnya dan memberikan kesempatan berinteraksi dengan teman-temannya.

  1. Selalu respon ucapan anak Anda

Anda perlu memberikan respon untuk setiap kata yang anak Anda ucapkan Jika ingin meningkatkan kemampuan bicara bayi. Tak perlu mengoreksi setiap kata yang salah diucapkan anak Anda tetapi Anda hanya perlu merespon setiap ucapannya.

Misalnya, ketika anak Anda membeo “da…da…”, Anda bisa merespon dengan, “Ayah mau pergi… dadah, Ayah!” Atau, sebagai tanda bahwa Anda mendengar dan memahami apa yang anak ucapkan, ulangi ucapannya tersebut. Contoh lainnya jika anak Anda mengucapkan “bing… bing…”, respon ucapan tersebut dengan “di sana ada kambing! Kambingnya lucu ya.”

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *