Seputar Ibu Menyusui

5 Langkah Menyusui Bayi Kembar

Dengan kewajiban menyusui satu bayi saja, Anda mungkin sudah sibuk mencurahkan semua waktu dan energi. Bagaimana bila memiliki bayi kembar? Dedikasi yang harus dicurahkan dan kerepotan Anda pasti berlipat ganda. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Bila Anda tahu cara menyiasatinya, kebahagiaan yang akan Anda peroleh saat menyusui akan berlipat ganda juga.

Pada awalnya, susuilah bayi kembar Anda satu per satu agar Anda bisa mengetahui seberapa baik masing-masing bayi menyusu dari payudara. Bila ada masalah pada salah satu anak, Anda bisa segera mencari cara untuk mengatasinya. Bila perlu, catat juga berapa lama dan berapa sering tiap bayi menyusu, berapa kali dan berapa banyak tiap bayi pipis dan buang air besar. Setelah keterampilan bayi dalam menyusu terbentuk, Anda dapat membangun kebiasaan menyusu yang sesuai untuk Anda dan Si Kembar.

Berikut adalah beberapa cara menyusui bayi kembar yang dapat Anda praktikkan.

  • Double-cradle hold (posisi silang)

Kedua bayi ditempatkan di pangkuan Anda. Susui satu bayi di payudara kiri dengan kaki menghadap ke kanan, dan susui satu bayi lagi di payudara kanan dengan kaki menghadap ke kiri. Dengan demikian, kaki kedua bayi menyilang di atas pangkuan Anda.

  • Double-clutch hold (Posisi seperti mengimpit 2 tas di ketiak)

Tempatkan dua buah bantal di sisi tubuh Anda, satu di kanan dan satu di kiri. Tempatkan bayi kembar Anda pada masing-masing bantal. Posisikan kepala mereka di depan payudara Anda, sementara badan dan kaki mereka menjulur ke belakang tubuh Anda melewati ketiak. Impit lembut badan mereka dengan menggunakan siku, seperti sedang mengimpit tas pesta di ketiak. Letakkan telapak tangan Anda di belakang kepala masing-masing bayi untuk menyokong dan menjaga kepala mereka agar selalu sejajar dengan puting.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Membesarkan Bayi Kembar

  • Cradle-clutch hold (posisi kombinasi)

Ini merupakan gabungan dari kedua posisi di atas. Salah satu bayi diposisikan di pangkuan dan yang satunya lagi diimpit di ketiak.

  • Gunakan bantal menyusui khusus untuk bayi kembar

Dibanding bantal biasa, bantal ini lebih lebar. Bila Anda tidak memilikinya, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan handuk atau selimut yang digulung. Dengan sokongan bantal, Anda bisa lebih leluasa menyusui bayi secara sekaligus dan memvariasikan posisi menyusui.

  • Bergantian payudara tiap hari

Anda harus menyusui masing-masing bayi dengan payudara yang berbeda setiap 24 jam. Sebagai contoh, hari ini bayi A menyusu di payudara kiri dan bayi B di payudara kanan, maka keesokan harinya gantian bayi A di payudara kanan dan bayi B di payudara kiri. Ini sangat bermanfaat agar Anda memproduksi kuantitas susu yang sama pada kedua payudara, khususnya bila salah satu bayi menyusu lebih banyak dari yang lain. Selain itu, ini juga dapat mengurangi risiko tersumbatnya saluran susu pada payudara Anda serta memberi latihan dan stimulasi yang sama pada kedua buah hati Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *