Seputar Bayi

5 Langkah Mudah Tingkatkan Berat Badan Bayi yang Lair Prematur

Umumnya bayi yang lahir premature atau tidak sampai masa perkembangan optimal dalam kandungan memang memiliki kondisi yang lebih rentan dibandingkan dengan mereka yang lahir secara normal. Salah satunya adalah mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh atau imunitasnya lemah, juga berat badannya yang lebih ringan dibandingkan dengan berat badan bayi normal, karena berat badan bayi prematur ini lebih kecil sehingga menyebabkannya menjadi tampak kecil dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya.

 

5 Langkah Mudah Tingkatkan Berat Badan Bayi yang Lair Prematur
5 Langkah Mudah Tingkatkan Berat Badan Bayi yang Lair Prematur

Namun jangan khawatir karena tetap ada jalan untuk membuat berat badan bayi Anda tersebut menjadi meningkat atau lebih besar dari sebelumnya, diantaranya adalah dengan:

  1. Mencukupi asupan nutrisinya, makanan yang efektif dalam menambah berat badan buah hati, apalagi yang baru lahir tak lain adalah asi, utamakan untuk memberikan asi secara eksklusif kepada mereka, karena inilah sebenarnya sumber nutrisi utama yang begitu bagus dalam meningkatkan berat badan mereka jadi lebih gemuk dari sebelumnya
  2. Tidur di dekat buah hati, umumnya bayi yang baru lahir memang terbiasa dengan kehangatan, karena di dalam rahim nantinya mereka akan mendapatkan suhu yang nyaman untuk terus tumbuh. Dengan tidur dekat dengan si kecil nantinya akan membantu mereka juga mendapatkan rasa hangat dan kenyamanan, ini sangat bagus untuk membuat berat badannya naik secara perlahan, apalagi bayi prematur.
  3. Lebih sering menggendong si kecil, cara lainnya yang juga bisa dicoba adalah dengan menggendong buah hati, meskipun sepele namun dengan gendongan seorang ibu ada banyak sekali manfaat yang diberikan kepada mereka, rasa kasih sayang dan juga tenang sehingga membuat pertumbuhan mereka semakin lama juga akan kian meningkat, utamanya adalah bobot yang lebih cepat bertambah.
  4. Melakukan pijatan kepada si kecil, pijatan ini sebenarnya adalah sebuah terapi yang memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah dapat melancarkan sirkulasi darah dan juga pencernaan mereka, sehingga nantinya nutrisi yang masuk kedalam perut si kecil juga lebih optimal terserap tubuh, berat badan perlahan akan meningkat.
  5. Bantu dengan susu formula, jika bunda memiliki masalah dengan produksi asi yang sedikit, padahal sebenarnya buah hati membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya, maka dapat dibantu dengan produk susu formula. Paling tidak nantinya dengan susu formula ini juga sangat efektif dalam meningkatkan berat badan mereka secara perlahan.

Sangat mudah bukan, hal ini tak hanya berlaku pada bayi yang lahir prematur saja, melainkan juga yang lahir secara normal, namun memiliki berat badan bayi yang ringan atau kecil, sehingga paling tidak dapat dibantu meningkatkan dengan 5 langkah di atas, berat badan normal ini akan membantu tumbuh kembangnya lebih baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *