Tips dan Trik

5 Penyebab Bayi Step dan Cara Mengatasinya

Setiap orang tua pastinya menginginkan buah hati mereka lahir dan mengalami pertumbuhan secara sehat, namun apa daya, tak jarang juga yang harus mengalami beberapa masalah bawaan dalam diri mereka, salah satu contohnya adalah bayi step, kondisi semacam ini paling sering terjadi pada bayi yang baru lahir, bahkan akan dibawa hingga mereka dewasa nantinya, jangan disepelekan, karena kelainan tersebut bisa berdampak buruk jika tidak segera ditolong.

 5 Penyebab Bayi Step dan Cara Mengatasinya

Aktivitas sel yang terganggu nantinya menyebabkan step di salah satu bagian tubuh tertentu, namun jika dibiarkan terlalu lama kondisi step ini akan berlangsung di seluruh bagian otak, sehingga menyebabkan seluruh tubuh mereka akan mengalami step. Untuk itu patut diwaspadai agar tidak sampai menyerang buah hati Anda. Sebenarnya kondisi ini tidak semuanya bawaan sedari lahir sehingga ada cara pertolongannya. 

Paling tidak orang tua harus tau penyebab bayi step agar cepat dalam melakukan pertolongan, diantaranya adalah:

  1. Demam tinggi, tubuh bayi akan mengalami demam yang tinggi mencapai suhu 38 derajat Celcius, umumnya ketika tubuh buah hati demam ini akan disertai dengan gejala seperti diantaranya adalah kejang-kejang yang tidak boleh Anda sepelekan. Umumnya hal tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 5 menit, jika dalam waktu tersebut tidak kunjung sembuh, hendaknya bawa ke dokter.
  2. Luka yang terjadi pada sel syaraf anak, saat bayi mengalami benturan maka akan menyebabkan bagian kepala mengalami luka, jika luka tersebut sampai mempengaruhi sel syaraf, inilah yang akan memicu terjadinya step. Untuk itu para orang tua harus selektif dalam menjaga mereka saat tidur, gunakan bantal yang tepat dan selalu dampingi agar tidak terjatuh.
  3. Terjadinya penyimpangan senyawa kimia yang ada pada otak, faktor yang satu ini merupakan bawaan sedari lahir, dimana ada kondisi cacat otak mereka yang menyebabkan anak mengalami step. Bisa jadi karena pola hidup ibu hamil yang tidak sehat atau yang lainnya, jadi patut berhati-hati.
  4. Sesak napas, kondisi yang lainnya adalah ketika buah hati mengalami masalah dengan paru-paru atau sesak napas, kemudian tidak segera dilakukan langkah pertolongan, maka akibat buruknya mereka akan terkena step, step akan terjadi sekitar 5 menit, jika tidak kunjung menghilang bawa ke dokter.
  5. Epilepsy, sebenarnya kondisi kesehatan yang satu ini tidak hanya disebabkan oleh demam tinggi saja, melainkan lebih kepada trauma yang ada trauma di kepala, sehingga ketika bayi mengalami step dikatakan sebagai gejala terjadinya epilepsy.

Sepele namun patut untuk diwaspadai, bagaimanapun bayi step ini jika tidak segera diobati nantinya dampak jangka panjang juga akan semakin parah. Pastikan pada saat kehamilan wanita mengkonsumsi makanan yang sehat dan memperhatikan pola hidupnya, sehingga tidak terjadi kecacatan pada buah hati ketika lahir.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *