Perawatan Bayi

5 Vaksin Bayi Yang Wajib Diberikan Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Imunisasi adalah tindakan yang dilakukan dengan memberikan vaksin untuk melindungi bayi atau kekebalan tubuh bayi. Tujuan pemberian vaksin bayi adalah agar bayi tidak mudah terkena penyakit yang berbahaya dan daya tahannya semakin kuat.

Manfaat dan fungsi imunisasi bagi kesehatan bayi adalah hal penting yang harus diketahui oleh para orang tua. Dengan imunisasi, perkembangan dan pertumbuhan bayi akan berjalan optimal. Itu sebabnya penting untuk mengetahui jenis-jenis vaksin bayi dan manfaatnya.

Jenis Imunisasi Lengkap Bayi

Saat ini jenis imunisasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu imunisasi wajib dan tambahan. jenis vaksin bayi melalui imunisasi yang wajib adalah : Bacille Calmette Guerin (BCG), Hepatitis B, Polio, Dipheteria Tetanus Pertussis (DTP) dan campak.

Sementara itu jenis imunisasi yang dianjurkan adalah jenis imunisasi untuk membuat daya tahan tubuh bayi lebih kuat terhadap jenis penyakit. Vaksin tersebut antara lain adalah: Pneumokokus (PCV), Hib, MMR, Influenza, Hepatitis A, Tifoid, Varisela dan HPV.

Manfaat Jenis-Jenis Imunisasi

Nah, berikut ini kita akan menjelaskan jenis vaksin  wajib beserta manfaatnya.

  • Imunsasi Hepatitis B

Pemberian vaksin hepatitis B bermanfaat untuk mencegah virus hepatitis B yang menyebabkan kerusakan pada hati, dan bila terjadi sampai anak mulai beranjak dewasa bisa menyebabkan kanker hati.

  • Imunisasi BCG

Pemberian vaksin BCG bermanfaat untuk mencegah penyakit TBC. Imunisasi ini biasanya dilakukan saat bayi berusia satu bulan atau sebelum ia berusia 3 bulan. Apabla bayi sudah berusia 3 bulan dan belum diimunisasi BCG maka bayi harus diuji tuberculin untuk mengetahui apakah bayi sudah terinveksi bakteri TBC. Jika belum terinfeksi atau hasilnya negatif, bayi bisa diberi imunisasi.

  • Imunisasi DPT

Vaksin DPT bermanfaat untuk mencegah penyakit differi, tetanus dan pertusis. Penyakit differi berbahaya karena bisa menyebabkan pernafasan tersumbat dan membengkak. Selain itu bisa mengeluarkan racun dan menyebabkan otot jantung lemah.

Penyakit pertusis yang parah bisa menyebabkan pneumonia. Sedangkan tenatus penyakit yang menyerang syaraf otot tubuh sehingga menyebabkan otot menjadi kaku, sulit bernafas dan bergerak.

  • Imunisasi Polio

Jenis vaksin polio diberikan dengan cara oral atau melalui mulut. Adapun manfaatnya adalah untuk mencegah penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan atau cacat. Imunisasi ini diberikan 4 kali, yaitu saat bayi berusia 1-4 bulan.

  • Imunisasi Campak

Manfaat vaksin campak adalah untuk mencegah penyakit campak. Pemberian vaksin ini biasanya pada saat anak masuk SD atau saat berusia 9 tahun. Pemberian vaksin campak biasanya dicanangkan oleh pemerintah di sekolah-sekolah dasar.

Itulah 5 jenis vaksin bayi yang wajib diberikan, dengan vaksin tersebut tubuh bayi menjadi lebih sehat dan daya tahannya semakin kuat. Imunisasi sangat dianjurkan, karena bermanfaat untuk kesehatan bayi sampai kelak ia dewasa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *