Tips dan Trik

6 Cara Mengatasi Stress Menurut Islam

Dalam menjalani kehidupannya, manusia tidak akan pernah lepas dari masalah, mulai dari pekerjaan, percintaan, keluarga, teman, dan lingkungan. Bila tidak ditangani dengan baik, masalah-masalah ini bisa menjadi stress, apalagi bila orang tersebut sulit menerima kenyataan, mendapat banyak tekanan, dan bingung harus berbuat apa. Akhirnya mengatasi stress pun hanya impian belaka baginya.

Mengatasi stress sebenarnya mudah saja, asal memiliki ilmunya. Apalagi Allah Swt. lewat Al-Quran telah memberikan tuntunan kepada manusia dalam menyelesaikan setiap permasalahan hidupnya. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Menyibukkan diri untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Allah Swt. berfirman dalam Surat Ar-Ra’d ayat 28 yang artinya “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” Dengan demikian, untuk mengatasi stress Anda harus memperbanyak kegiatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti mengikuti majelis ta’lim, berdzikir, dan mendengarkan tausyiah karena itu semua bisa membuat kita mendapatkan ketenangan batin dan motivasi. Selain itu, memperbanyak doa, membaca Al-Quran, dan shalat malam akan mampu membuat hati jauh lebih tenang.

  1. Beristirahat dengan cukup

Anda harus meluangkan waktu untuk beristirahat dari segala sesuatu yang melelahkan. Bukan hanya dengan tidur, tetapi dengan menenangkan pikiran untuk beberapa saat. Banyak orang menjadi stress karena tidak memiliki waktu untuk sekadar merasakan kelapangan pikiran. Manfaatkan sebagian waktu luang Anda untuk beristirahat. Dengan begini, insya Allah perasaan akan jauh lebih baik dan Anda dapat mengatasi stress.

  1. Bertawakal

Sebagai manusia kita hanya bisa berharap, berusaha, dan berdoa. Ketika kita sudah berusaha mengerahkan segalanya, ikhlas dan sabar menjalaninya, maka kita tinggal menyerahkan hasil akhirnya kepada Sang Maha Pencipta. Jika gagal, jangan berputus asa, karena masih banyak nikmat-Nya yang lain yang harus kita syukuri. Jangan pernah merasa kecewa, karena hanya Allah yang tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

  1. Berolahraga

Selain dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat, olahraga juga ampuh dalam menaikkan mood seseorang saat memulai aktivitasnya di pagi hari. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan seperti senam, jalan sehat, yoga, dan berenang agar mood lebih baik sehingga pikiran pun akan jauh lebih baik.

  1. Selalu berpikir positif

Pikiran negatif merupakan salah satu pemicu stress. Pikiran negatif yang bersarang kemudian dapat meresap ke dalam hati sehingga dapat menimbulkan keresahan, was-was, tidak tenang, takut, mudah marah, putus asa, cemas yang berlebihan, merasa sendiri dan sakit hati atas keadaan yang menimpanya. Oleh karena itu, biasakanlah untuk berpikir positif agar pikiran lebih tenang, optimis, dan ringan dalam menyikapi sesuatu.

  1. Memotivasi diri sendiri

Di dalam Al-Quran, Allah berfirman bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu mengubahnya sendiri. Dengan demikian, diri kita sendirilah yang sebenarnya dapat mempengaruhi kinerja otak dan pikiran. Jangan malas untuk memotivasi diri sendiri karena di dalam diri kita terdapat kekuatan dan kemampuan dalam mengatasi berbagai permasalahan, termasuk mengatasi stress.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *