Tips dan Trik

6 Cara Mudah Menggunakan Pompa Asi Manual Maupun Elektrik

Dibandingkan dengan jenis susu yang lainnya, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya asi menjadi asupan nutrisi atau makanan utama yang dibutuhkan oleh bayi untuk bisa bertumbuh kembang. Apalagi ini adalah makanan utama yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir, belum ada bahan makanan lainnya yang bisa dikonsumsi oleh si kecil sejak lahir kecuali asi. Namun dalam beberapa kondisi tidak bisa dipungkiri jika ada wanita yang sulit untuk mengeluarkan asi mereka, tentunya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Hal inilah yang membuat diantaranya menggunakan pompa asi.

6 Cara Mudah Menggunakan Pompa Asi Manual Maupun Elektrik 

Alat yang berfungsi untuk melancarkan produksi asi pada wanita, juga sangat membantu mereka yang ingin membuat asi perah, beberapa wanita memang memiliki tuntutan untuk bekerja kembali setelah melalui masa melahirkan, dalam kondisi ini maka mereka mau tak mau harus menyetok asi untuk kebutuhan si kecil saat di tinggal bekerja, karena sangat sulit mengeluarkannya secara manual, maka harus dibantu dengan alat yang satu ini yaitu breast pump. 

Pompa asi ini banyak sekali dijual di pasaran dalam berbagai bentuk, diantaranya ada yang manual, namun juga ada produk elektriknya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cara pakainya juga sangat mudah, berikut ini panduannya:

  1. Bersihkan tangan dan juga area putting terlebih dahulu, untuk mempermudah agar asi keluar dan juga kondisinya tetap bersih, artinya tidak terkontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan asi nantinya mudah basi.
  2. Carilah posisi yang nyaman, nantinya asi akan sulit keluar ketika Anda dalam kondisi yang kurang nyaman atau tegang, bisa dilakukan sambil duduk santai, kemudian mulai ambil breast pump yang sudah disiapkan sebelumnya.
  3. Masukkan putting ke bagian corong yang ada, kemudian bisa langsung dipompa. Biasanya berbeda jenis pompa maka akan berbeda pula cara kerjanya.
  4. Contohnya adalah breast pump manual, umumnya jenis yang satu ini harus digunakan dengan mengandalkan tenaga Anda sendiri atau tangan sendiri cara kerjanya. Sedangkan khusus untuk yang elektrik lebih mudah, tinggal menekan tombol on dan juga off sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Jika ternyata payudara tidak kunjung mengeluarkan asi, maka dapat disiasati dengan cara mengompresnya menggunakan air hangat dan handuk terlebih dahulu sampai terasa rileks, cara yang satu ini sangat efektif di dalam meningkatkan produksi asi yang dikeluarkan.
  6. Pindahkan asi kedalam botol atau dot bayi mereka, jika ingin disimpan maka segera masukkan kedalam lemari pendingin agar tahan lebih lama

Sangat mudah bukan, pompa asi ini memang menjadi solusi terbaik bagi Anda dan juga buah hati untuk memenuhi kebutuhan asi mereka, di pasaran banyak sekali pilihan produknya yang dijual dengan harga yang relatif cukup terjangkau.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *