Tips dan Trik

6 Prosedur Penting dalam Memilih Bubur Bayi Instan untuk Si Kecil

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan bagi buah hati Anda, maka asupan nutrisi harus diperhatikan dengan benar. Diantaranya adalah dengan memilihkan produk makanan yang bergizi tinggi dan bagus untuk si kecil. Ketika sudah memasuki usia 5 bulan ke atas. Umumnya orangtua tak hanya menunjang kebutuhan nutrisi si kecil dengan mengandalkan Asi atau susu formula saja, melainkan juga ditambah dengan makanan pendamping asi, khususnya adalah bubur bayi. Pemilihan bubur ini mendasarkan pada kemampuan mereka dalam mencerna makanan sendiri yang masih sangat minim. Sehingga mau tak mau harus memilihkan produk makanan sehat yang mudah dikonsumsi.

Banyak pilihan bubur yang bisa Anda buat sendiri, namun sebagian banyak orang tua memang lebih senang memilih yang praktis, yaitu bubur instan yang banyak dijual di pasaran, karena masalah efisiensi waktu ataupun sebagainya. Jangan salah, karena meskipun tergolong sebagai produk yang instan, namun tak semua bubur yang dijual sebenarnya buruk bagi kesehatan mereka.

Banyak diantara pilihan bubur bayi instan yang sehat bagi si kecil, berikut ini diantara beberapa tips dalam pemilihannya, yaitu:

  1. Perhatikan tanggal kadaluarsa nya, kemasan produk menjadi hal utama yang harus dilihat. Kelayakan sebuah produk sangat dipengaruhi oleh tanggal kadaluarsa ini, jangan membeli bubur yang sudah memasuki bulan kadaluarsa nya, karena selain rasa yang berubah, maka kandungan gizi yang ada di dalamnya juga sudah mengalami perubahan, menjadi tidak sehat lagi.
  2. Perhatikan usia dan sesuaikan dengan pemilihan bubur, mayoritas bubur untuk si kecil ditawarkan dalam beberapa ukuran usia. Mengapa penting memperhatikan usianya? Karena faktanya tak semua bahan yang digunakan dalam bubur tersebut, akan sesuai dengan pencernaan si kecil. Untuk itu lihat dengan jelas usia si kecil sebelum membelikan bubur bagi mereka.
  3. Pastikan bahan-bahan yang terkandung dalam bubur tersebut aman, baik itu dari pewarna, pengawet hingga yang paling penting adalah bahan yang dapat memicu reaksi alergi pada anak. Beberapa anak yang memiliki alergi pada udang, maka hindari rasa-rasa seafood jika tak ingin memicu reaksi alergi nya.
  4. Ketahui cara penyimpanan yang benar, sebagian banyak orang tua lebih senang membeli bubur dalam ukuran yang besar, karena dari segi harganya sendiri memang jauh lebih murah dibandingkan kemasan kecil. Hanya saja karena tak digunakan sekali pakai, maka perhatikan prosedur penyimpanan yang besar, agar tetap enak dan tahan lama.
  5. Pilih kan rasa yang sesuai dengan selera si kecil, pilihan rasanya lebih bervariasi, mulai dari coklat, sayur, ayam hingga buah-buahan ada.
  6. Tabel kandungan gizi pada kemasan juga harus dicek untuk memastikan nilai gizinya seimbang bagi si kecil.

Tak semua bubur bayi instan buruk bukan bagi anak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *