Perawatan Bayi / Seputar Ibu Menyusui / Tips dan Trik

6 Tips Menyapih Anak Secara Sehat

menyapih anak

ASI merupakan makanan wajib bagi bayi yang baru lahir, kandungan gizi yang ada di dalamnya sangat tinggi dan mudah untuk diserap oleh tubuh bayi Anda, alangkah baiknya mengutamakan ASI dibandingkan dengan susu formula. Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan memberikan ASI kepada buah hati diantaranya adalah untuk membangun kedekatan antara Anda dan bayi, menyehatkan tubuh karena pada dasarnya dengan keluarnya ASI maka kamu juga akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya seperti kanker payudara dan menghemat pengeluaran karena tak harus membelikan mereka susu formula. Hanya saja ada beberapa anak yang mulai ketergantungan akan ASI dan tak mau berhenti menyusu padahal usianya sudah cukup, untuk itu beberapa ibu terpaksa harus menyapih anak mereka.

Baca Juga : 7 Cara Menidurkan Bayi

Menyapih sebenarnya bukan hal yang berbahaya bahkan dianjurkan, karena pada usia-usia tertentu memang sudah menjadi kewajiban bagi anak-anak untuk berhenti mengonsumsi ASI, kamu bisa menggantinya dengan susu formula sehingga kebutuhan akan protein juga tetap terpenuhi. Membiasakan anak mengonsumsi ASI hingga usia dewasa ternyata tak baik, karena ini juga berdampak pada psikologi buah hati Anda. Nah setidaknya berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyapih buah hati, yaitu:

  1. Kurangi frekuensi pembelian ASI, cara yang paling utama adalah membiasakan anak di dalam mengonsumsi ASI Anda, jika biasanya paling tidak 5 kali dalam satu hari, mana mulailah untuk memberikan 3 hingga 2 kali saja, semakin lama kamu bisa semakin menguranginya sampai buah hati Anda terbiasa untuk tidak mengonsumsi ASI.
  2. Mulai gantikan dengan produk susu formula, biasanya anak-anak yang sudah terbiasa dengan ASI ibu mereka tak akan mau mengonsumsi susu formula karena dari segi rasa memang jauh berbeda, satu cara yang bisa kamu gunakan adalah membiarkan mereka hingga benar-benar lapar, biasanya jika sudah lapar tak ada toleransi, apapun pasti akan dikonsumsi termasuk susu formula dalam botol. Cara menyapih anak yang satu ini sudah banyak berhasil dilakukan oleh para ibu.
  3. Plester bagian puting susu, cara lainnya adalah menutupi puting susu dengan plester, biarkan seperti tak ada bagian yang bisa mengeluarkan air untuk buah hati Anda, nantinya mereka akan mencari-cari hingga lupa, kamu bisa membiasakannya untuk memberi susu botolan dari sini.
  4. Anak yang usianya sudah cukup besar maka berilah pengertian, umumnya mereka sudah mulai bisa menerima tak konsumsi ASI lagi hanya dengan diberikan pengertian.
  5. Kamu bisa memperbanyak MP ASI, cara ini juga cukup efektif membuat mereka kenyang sehingga frekuensi dalam menyusu juga tak terlalu banyak.
  6. Sebaiknya jangan menyapih dalam kondisi anak tak sehat, karena bagaimanapun air susu ibu merupakan sumber imun paling besar bagi bayi, sehingga saat kondisi anak tak terlalu sehat, jangan lakukan kegiatan tersebut, karena sebenarnya ASI Anda adalah obat terbaik.
  7. Dalam menyapih sebaiknya jangan dilakukan sendiri, melainkan bekerjasama dengan suami Anda karena lelaki biasanya memiliki banyak cara untuk membuat anak mereka mau berhenti minum ASI.

Menyapih anak juga harus melihat dari usia mereka, jika masih dibawah 1 tahun sebaiknya hindari karena ini adalah usia emas bagi mereka sehingga membutuhkan asupan gizi yang benar-benar baik dari ASI. Lakukan ketika anak Anda mulai menginjak usia 2 tahun dan sudah bisa mengonsumsi makanan padat, paling tidak kebutuhan gizi sudah seimbang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *