Tips dan Trik

7 Cara Menidurkan Bayi dan Membuat Kualitas Tidurnya Nyenyak di Malam Hari

cara menidurkan bayi

Bayi yang baru lahir memang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, pagi ia akan tidur, siang bahkan sore, sayangnya pada saat malam hari banyak yang terjaga, tentunya bagi orang tua ini menjadi masalah karena gantian dirinya yang sekarang tak bisa istirahat untuk menemani buah hati tetap terjaga. Pada dasarnya malam tetap menjadi waktu yang sangat tetap bagi buah hati Anda untuk tidur, hanya ada kalanya beberapa hal membuat mereka tetap terjaga, seperti rasa lapar atau tak nyaman karena tengah buang air kecil, orang tua tentunya harus siap sedia dalam mengatasi hal ini. Menidurkan bayi bukan perkara yang mudah apalagi saat ia tengah rewel tak tau apa keinginannya.

Baca Juga : Tips Memandikan Bayi Yang Baik dan Benar

Kebutuhan tidur si kecil paling tidak adalah 12 jam dalam sehari, untuk itulah sudah menjadi tugas Anda dan suami untuk selalu membuat mereka nyaman dalam bermimpi, kadang kala ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat si kecil bisa tidur dengan sangat nyenyak, diantaranya adalah:

  1. Mandi menggunakan air hangat, tentunya sudah menjadi kewajiban bahwa seorang bayi harus dimandikan dengan air panas, mengingat selain kulit mereka yang masih sangat sensitif jenis air ini juga bermanfaat didalam membuat tubuh si kecil menjadi lebih rileks. Kamu bisa menjadikan waktu mandi tersebut untuk merilekskan tubuh bayi sehingga lebih nyenyak dalam tidur, caranya cukup mudah yaitu dengan memberikan beberapa pijatan di bagian-bagian tubuh tertentu seperti punggung dan dahi.
  2. Usahakan ibu juga menemani mereka tidur, sebenarnya kedekatan antara ibu dan anak sudah dibangun bahkan semenjak ia masih ada dalam kandungan, untuk itu bukan hal yang mustahil jika cara untuk membuat buah hati Anda tetap merasa nyaman adalah dengan tidur bersama dengan mereka, berikan dekapan yang hangat dan penuh dengan kasih sayang pada saat menidurkan bayi Anda.
  3. Pastikan untuk menyusui buah hati sebelum tidur, buat ia merasa kenyang agar bisa tidur dengan nyenyak, sambil menyanyikan lagu pengantar tidur bunda dapat menyusuinya. Jumlah ASI yang diberikan juga harus lebih besar dari volume untuk konsumsi normal. Ini langkah paling efektif untuk membuatnya lebih mudah terlelap.
  4. Gunakan popok yang berdaya serap tinggi, rasa kurang nyaman sehingga membangunkan bayi dari tidur mereka salah satu penyebabnya memang berasal dari air kencing, untuk itu kamu bisa memakaikannya popok berdaya serap yang tinggi agar pantat mereka tetap terasa kering hingga pagi.
  5. Tambahkan aroma terapi, beberapa jenis wewangian alami bisa membuat tidur anak menjadi lebih nyenyak, namun hindari penggunaan wewangian yang banyak kandungan bahan kimianya, ini sangat berbahaya bagi pernapasan mereka.
  6. Pastikan tak ada serangga yang mengganggu, intensitas tidur yang lelap bisa juga ditunjang dengan ketiadaan serangga, khususnya adalah nyamuk, baik itu suara maupun gigitannya akan sangat mengganggu tidur si kecil, nah kamu bisa menggunakan kelambu khusus untuk melindungi mereka, jauh lebih sehat dibandingkan obat nyamuk bakar atau semprot.
  7. Mengatur pola tidur mereka, pastikan si kecil bangun di kala subuh, kemudian tidur lagi siang hingga menjelang sore, sedangkan menunggu malam pastikan ia tetap terjaga, maka di malam hari si kecil akan tidur dengan sangat nyenyak.

Menidurkan bayi memang bukan perkara yang mudah namun kamu bisa mencoba beberapa hal tersebut, semakin nyenyak tidurnya Anda juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *