Tips dan Trik

7 Cara Mudah Merawat Gigi Bayi Agar Terhindar dari Caries

Gigi merupakan bagian terpenting dalam mulut yang memiliki fungsi sebagai pencernaan mekanik yaitu untuk menghaluskan semua jenis makanan yang masuk kedalam tubuh dan juga berperan sebagai organ yang menunjang nilai estetika. Contohnya saja ketika Anda tengah tersenyum pastinya gigi ini akan terlihat. Tak hanya pada orang dewasa saja, melainkan ternyata juga sangat penting dalam merawat gigi bayi ini. Karena jika tak dirawat dengan benar pastinya akan memicu munculnya berbagai macam penyakit, seperti halnya caries atau gigi berlubang.

Tentunya perawatan gigi pada orang dewasa dengan bayi juga jauh berbeda. Mengingat nantinya ketika sudah memasuki usia tertentu, maka gigi tersebut akan tanggal digantikan dengan jenis gigi tetap yang akan terus dibawa hingga mereka tua nantinya. Jarang dirawat atau perawatan yang salah bisa menyebabkan gigi anak Anda menghitam hingga memunculkan rasa sakit. Berikut ini setidaknya ada beberapa cara merawat gigi bayi yang dapat Anda aplikasikan, diantaranya adalah:

Baca Juga: Tips Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh Agar Tetap Sehat

  1. Bersihkan secara teratur menggunakan kain yang dibasahi dengan air bagian gigi dan juga gusi setelah digunakan untuk makan atau minum susu, cukup sekali atau dua kali sehari saja. Hal ini bisa bermanfaat mencegah pertumbuhan karang gigi.
  2. Sebelumnya tanyakan kepada dokter apakah buah hati tersebut sudah bisa menggunakan produk pasta gigi yang menggunakan flour atau tidak, untuk beberapa usia seperti yang sudah memasuki 2 tahun, sudah bisa dibersihkan dengan pasta gigi secara menyeluruh.
  3. Jangan biarkan si kecil tidur dengan botol susunya, karena ini hanya akan memicu gigi yang berlubang dan juga caries. Apalagi untuk produk susu yang kandungan glukosanya tinggi.
  4. Bagi buah hati yang sudah bisa minum dengan menggunakan gelas, hendaknya jangan lagi menggunakan botol atau dot susu, karena terlalu sering minum dari dot ini juga mencegah pertumbuhan gigi pada buah hati Anda.
  5. Ketika gigi graham di kecil tumbuh, maka Anda bisa menggunakan sikat gigi yang aman bagi mereka, sikat secara teratur 2 kali sehari, untuk membiasakan mereka agar mau sikat gigi hingga dewasa nantinya.
  6. Periksakan mereka ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, kebiasaan ini bisa dilakukan untuk mengontrol kebersihan gigi buah hati dan juga bisa membantu mereka untuk terhindar dari masalah gigi berlubang hingga menyebabkan rasa sakit.
  7. Berikan mereka air putih ketika sudah cukup usianya dan batasi konsumsi susu.

Mudah bukan, cara merawat gigi bayi haruslah diketahui oleh setiap orang tua, sehingga hingga dewasa nanti mereka memiliki gigi sehat dan rapi. Tak masalah jika pada pertumbuhannya nanti bentuknya tidak teratur, karena ada beberapa jenis prosedur seperti dengan menggunakan behel untuk merapikannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *