Perawatan Bayi

7 Hal Penting Merawat Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Cermati

Merawat bayi baru lahir menjadi hal yang harus diperhatikan dengan cermat khususnya bagi orangtua yang baru memiliki anak. Hal ini dikarenakan bayi baru lahir masih sangat rentan sehingga perlu mendapatkan penanganan khusus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Berikut ini 7 hal yang harus diketahui oleh para orangtua yang memiliki bayi, diantaranya adalah:

7 Hal Penting Merawat Bayi Baru Lahir yang Harus Anda Cermati

Tidur Selama 16-18 Jam/hari

Kebutuhan tidur bayi memang cukup panjang yakni 16-18 jam dengan kebiasaan tidur 1-2 jam sekali. Sedangkan ketika sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, sebagian besar akan tidur selama 6 jam di malam hari. Usahakan untuk menjaga jam tidurnya. Hal ini merupakan salah satu cara dalam merawat bayi baru lahir.

Harus Menyusu Setiap 1-2 Jam

Diketahui bahwa bayi baru lahir memiliki ukuran lambung kecil sehingga tidak mampu menampung makanan yang banyak. Kondisi ini membuat si bayi sering lapar sehingga Anda harus sering menyusuinya setiap 1-2 jam dalam beberapa hari pertama. Selain itu Anda juga harus mengenali tanda-tanda saat bayi Anda lapar seperti mengisap tangannya sendiri, mencari putting susu, hingga yang umum terjadi adalah menangis.

Sering “Gumoh”

Merawat bayi yang sering mengalami gumoh atau istilah ilmiahnya disebut spitting up atau refluks gastroesofageal susah-susah gampang. Kondisi ini disebabkan oleh fungsi katup esophagus dan lambung masih belum sempurna. Untuk mencegah kondisi ini, Anda perlu memposisikan si bayi dalam keadaan tegak selama 30 menit hingga dia bersendawa.

Harus Dirawat Tali Pusarnya

Merawat bayi baru lahir juga melingkupi perawatan tali pusarnya dengan cara menjaga kulit sekitarnya agar tetap kering dan bersih. Gunakan kapas yang lembut agar tidak terjadi iritasi.

Kulit yang Sangat Sensitif

Menjaga kebersihan kulit bayi adalah hal yang sangat penting karena masih sangat sensitif. Masalah yang sering timbul pada bayi baru lahir adalah ruam popok, maka orangtua harus merawat bayi-nya khususnya bagian kulit dengan menggunakan air hangat dan kapas yang lembut saat membersihkan bokong serta gunakan handuk yang halus untuk mengeringkannya. Hindari pula penggunaan tissue basah yang mengandung alkohol karena justru akan menimbulkan iritasi.

Membutuhkan Kehangatan

Bayi baru lahir belum mampu mengatur suhu tubuhnya secara efektif karena jumlah lemak dalam tubuh masih sangat sedikit. Para orangtua dapat mengatasi kondisi ini dengan cara “membedung” bayi, penggunaan pakaian yang hangat, topi dan kaos kaki.

Sering Buah Air Besar Setelah Menyusu

Merawat bayi baru lahir menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu khususnya yang baru memilki anak. Beberapa orangtua harus menghadapi bayi yang sering buang air besar setelah menyusu. Meskipun hal ini sangat wajar, namun Anda perlu memperhatikan konsistensi kotorannya agar tidak salah anggapan dengan kotoran bayi yang wajar atau gejala diare.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *