Tips dan Trik

7 Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Menyerang Si Kecil dan Harus Diwaspadai

Usia 0 hingga 1 tahun memang menjadi masa yang paling renta bagi si kecil untuk terserang berbagai macam penyakit, penyakit bayi ini pada umumnya juga terbilang sangat bervariasi, mulai dari gangguan pernapasan, pencernaan dan yang lainnya. untuk itu patut bagi ibu mengetahui cara perawatan yang benar. Sehingga si kecil nantinya tak mudah mengalami masalah kesehatan. Karena faktor resiko terjadinya komplikasi lebih tinggi dibandingkan dengan usia dewasa. Bahkan banyak diantaranya penyakit sepele yang bisa berujung pada kematian.

 7 Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Menyerang Si Kecil dan Harus Diwaspadai

Untuk itulah sebelumnya ketahui terlebih dahulu beberapa jenis penyakit yang paling rentan menyerang bayi yang baru lahir:

  1. Penyakit kuning, sesuai dengan namanya ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan bayi memiliki kulit berwarna kuning, hingga ke bagian mata sampai kuku berubah warna menjadi kuning. Penyakit bayi semacam ini disebabkan oleh zat bilirubin atau pigmen warna kuning yang berada dalam darah jumlahnya terlalu banyak, sehingga hampir semua bagian tubuh menguning.
  2. Eskim susu, kondisi semacam ini terjadi disebabkan karena ketika mereka menyusu terkadang ada percikan asi yang mengenai beberapa bagian kulit wajah, seperti diantaranya adalah sudut bibir dan juga pipi, sehingga menyebabkan kulit bagian tersebut menjadi kasar hingga terkadang mengelupas.
  3. Ruam popok, pemakaian produk popok baik itu diaper maupun clodi rentan menyebabkan terjadinya ruam kemerahan pada kulit bagian vital, karena terlalu lama bagian tersebut dibiarkan dalam kondisi yang basah, sehingga menyebabkan terjadinya iritasi, umumnya ada produk saleb khusus yang bisa dipakai untuk mengobatinya.
  4. Apnea, dikenal juga sebagai SID, sebuah kondisi mendadak dimana buah hati tidak bisa lagi bernapas, biasanya ketika mereka tengah tidur atau sejenisnya, faktor penyebabnya adalah pertumbuhan sel syaraf belum berlangsung sempurna untuk mengatur sistem pernapasan mereka, sehingga resikonya adalah kematian.
  5. Batuk dan pilek, tak hanya orang dewasa, bayi jauh lebih rentan terkena masalah kesehatan yang satu ini, faktornya tentu sangat beragam, mulai dari kondisi cuaca, kemudian juga makanan atau minuman yang mereka konsumsi dan sebagainya, agar tidak berlangsung lama sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.
  6. Perut kembung, keberadaan gas yang berlebihan di dalam perut si kecil sangat rentan menyebabkan penyakit semacam ini, yaitu kembung, gejalanya seperti sendawa dan juga pencernaan yang tidak lancar, biasanya si kecil akan rewel ketika mengalami masalah tersebut.
  7. Demam, ketika sistem kekebalan tubuh mereka turun, maka akan menyebabkan suhu badan menjadi naik atau dikenal juga sebagai demam. Umumnya demam tinggi ini juga dapat memicu kejang.

Jangan anggap remen penyakit bayi tersebut, segera bawa mereka ke dokter anak untuk mendapatkan pengobatan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *