Tips dan Trik

7 Tips Merawat Kulit Bayi agar Tetap Lembut dan Sehat

Bayi memiliki kulit yang sangat tipis dan sangat sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus menjaga kulit bayi agar tetap sehat dan terhindar dari iritasi. Berbeda dengan merawat kulit pada anak-anak, merawat kesehatan kulit pada bayi bukanlah perkara mudah untuk dilakukan. Namun, tak perlu khawatir, karena di bawah ini ada beberapa panduan merawat kulit si kecil yang mudah Anda terapkan di rumah. 

7 Tips Merawat Kulit Bayi agar Tetap Lembut dan Sehat

Jangan terlalu sering memandikan bayi

Terlalu sering memandikan bayi sebenarnya tidak membawa dampak baik bagi kesehatan kulit si kecil. Pasalnya, hal tersebut bisa menghilangkan minyak alami pada kulit bayi yang berfungsi untuk memberikan perlindungan dari bakteri dan bahan iritan lainnya.

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, maka usahakan kulitnya tidak terlalu sering terpapar bahan kimia. Untuk itu, pilihlah produk sabun dan shampo yang diperuntukkan khusus untuk bayi dan tidak mengandung pewarna, pewangi, alkohol yang dapat berbahaya bagi kulit bayi. Ada baiknya sebelum membeli produk perawatan kulit untuk bayi, cermati dulu label komposisi di kemasannya.

Hindari berlebihan pakai bedak bayi

Bedak adalah salah satu produk perawatan kulit pada bayi yang paling sering digunakan. Namun, rupanya Anda harus berhati-hati dalam penggunaanya atau sebisa mungkin untuk menghindari pemakaian produk ini. Pasalnya, bedak bayi yang berpartikel halus bisa berisiko terhirup oleh bayi. Dampaknya akan mengganggu kesehatan saluran pernafasan mereka. Jika tetap ingin menggunakan bedak pada kulir si kecil, sebaiknya digunakan secara tipis saja.

Jaga kelembapan kulit bayi

Kulit bayi yang sensitif dan tipis sangat mudah kering. Untuk itu, Anda harus menjaga kelembapan kulit mereka dengan mengoleskan pelembap khusus setelah mandi, khususnya jika cuaca sedang panas dan udara lembap kering.

Jangan takut terkena sinar matahari

Bayi yang berusia di bawah 6 bulan memiliki kulit yang masih rentan. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya pada usia ini sangat tidak direkomendasikan karena belum terbukti aman untuk kulit bayi. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir membawa bayi Anda jalan-jalan keluar rumah meski matahari sedang terik. Yang perlu Anda lakukan hanya menutup stroller bayi dan pastikan sinar matahari tidak langsung terpapar mengenai kulit si kecil.

Bersihkan area lipatan

Saat Anda mengoleskan pelembab, usahakan kondisi kulit bayi dalam keadaan kering. Pasalnya pelembab yang dioleskan pada kulit yang basah dapat mengendap di bagian lipatan kulit sehingga bayi rentan mengalami ruam dan infeksi kulit pada bayi.

Jaga kebersihan popok bayi Anda

Jika Anda tidak ingin kulit bayi mengalami ruam dan infeksi, maka usahakan untuk menjaga kebersihan area bokong si kecil dengan rutin mengganti popok minimal dua jam sekali. Namun, jika terjadi ruam popok segeralah mengatasinya dengan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *