Tips dan Trik

Agar Bayi Bicara dengan Lancar, Lakukan 4 Hal Ini!

Mengasah kemampuan bayi bicara memang sangat penting untuk dilakukan, apalagi anak biasanya tumbuh dengan bahasa ibu. Kemampuan berbicara ini ternyata bisa terhambat manakala si kecil jarang mendengar kosa kata dari lingkungan sekitarnya. Maka sudah menjadi tugas wajib bagi para orangtua untuk membantu si kecil meningkatkan kemampuan bicaranya dan semakin dini akan semakin baik. Melatih si kecil untuk fasih berbicara tentu perlu dilakukan dengan konsisten sebab bayi tidak bisa langsung melakukan apa yang ditirukan di depannya.

 Agar Bayi Bicara dengan Lancar, Lakukan 4 Hal Ini!

Membantu mengasah kemampuan bayi untuk berbicara maka orangtua manapun bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengajak si kecil bernyanyi,

Bayi memang akan mengalami ketajaman pendengaran sejak masih di dalam kandungan dan semakin tajam ketika semakin tumbuh besar. Supaya apa yang didengar si kecil mampu mengasah keterampilannya dalam berbicara maka silahkan mengajaknya bernyanyi. Lewat nyanyian si kecil akan merasa nyaman dan bisa menghafal liriknya ketika mereka sudah pandai berbicara. Anda bisa memulai menyanyikan lagu anak-anak dengan lirik dan kata-kata sederhana agar mudah diingat dan ditiru buah hati.

  • Terus mengajaknya mengobrol,

Selain lewat nyanyian, menjadikan bayi bicara lebih fasih seiring bertambahnya usia mereka juga bisa dengan mengobrol. Orangtua memang penting menjadi ceriwis ketika mengasuh bayi karena memang terbukti bisa mengasah kemampuan bicara bayi tersebut. Semakin sering bayi mendengar orang sekitarnya berbicara semakin mudah bagi mereka untuk berbicara. Awalnya akan mengoceh dengan kata-kata yang tidak jelas dan tidak punya makna, namun semakin bertambah usia mereka dan semakin lancar menyebut kata-kata. Maka semakin banyak rentetan kalimat akan dilontarkan.

  • Membacakan cerita,

Meski si kecil belum paham apa yang kita ucapkan namun semakin sering mendengar semakin mereka mudah memahami maknanya. Jadi jangan berhenti mengajak si kecil berbicara maupun bernyanyi, dan opsional lainnya adalah membacakan buku cerita. Memberikan dongeng sebelum tidur menjadi awal yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak sejak masih bayi. Silahkan sejak kehamilan di trimester terakhir untuk mulai membeli buku cerita anak-anak, sehingga sudah bisa mendongeng banyak cerita saat bayi sudah lahir. Lewat cara ini kemampuan bicara anak bisa terasah dengan baik.

  • Mengajak bertemu dengan banyak orang,

Mengajak si kecil bertemu dengan orang sekitar ternyata tak hanya melatih jiwa sosial mereka saja melainkan juga melatih kemampuan berbicara. Lewat sosialisasi dan bertemu banyak orang maka si kecil akan terbiasa mendengarkan lebih banyak orang dan memahami lebih banyak kata. Akan muncul rangsangan untuk mengikuti apa yang diucapkan orang sekitar sehingga bisa fasih dalam berbicara. Namun pastikan si kecil hanya mendengar kata-kata yang baik, sehingga bayi bicara hal-hal yang baik pula.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *