Tips dan Trik

Agar Janin Sehat, Inilah Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Salah satu momen membahagiakan yang paling ditunggu pasangan suami istri adalah kehamilan. Semua orang pasti mendambakan bayi yang lucu, sehat, dan cerdas, dan ini semua sangat ditentukan oleh perawatan kehamilan trimester pertama dan pemilihan makanan ibu hamil. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil muda.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan yang menjadi makanan ibu hamil sebaiknya buah-buahan segar, bukan kalengan, agar ibu hamil terhindar dari risiko hipertensi akibat asupan garam yang berlebih. Selain itu, kandungan serat dalam buah dapat membantu mengatasi sembelit yang biasanya terjadi selama masa kehamilan. Di sisi lain, nutrisi dalam buah-buahan akan sangat baik untuk perkembangan janin.

Hampir semua buah-buahan, seperti apel, jeruk, pisang, alpukat, anggur, kurma, dan tomat, dapat dijadikan makanan ibu hamil. Walaupun demikian, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi durian, nanas, delima, dan pepaya muda.

Baca Juga : Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Asam Folat

  1. Sayur-sayuran

Pada trimester pertama ibu hamil umumnya mengalami morning sickness alias mual dan muntah. Gejala ini ternyata bisa dikurangi dengan konsumsi sayur-sayuran hijau dalam jumlah banyak. Selain itu, sayur-sayuran hijau juga dapat mencegah anemia berkat kandungan zat besi di dalamnya.

Makanan ibu hamil ini memiliki banyak nutrisi. Salah satunya adalah zat asam folat yang berperan penting dalam proses pembelahan sel dan pertumbuhan janin serta mencegah kecacatan pada janin. Contoh sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat adalah bayam, asparagus, brokoli, dan sawi.

  1. Produk Olahan Susu

Protein dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan janin. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan ibu hamil yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Maka dari itu, mengonsumsi produk olahan susu yang berprotein tinggi adalah salah satu jalan terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein.

  1. Seafood (Makanan Laut)

Seafood banyak mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak janin. Jadi, bila ingin anak cerdas, sebaiknya ibu hamil mencukupi kebutuhan nutrisi dari seafood dengan mengonsumsi berbagai jenis ikan laut dan udang.

  1. Sereal

Sereal bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi. Sereal yang dijadikan makanan ibu hamil sebaiknya jenis whole grain. Namun, jika Anda alergi gluten (penyakit Celiac) maka Anda sebaiknya menghindari olahan gandum.

  1. Kacang-Kacangan

Walaupun tidak semua jenis kacang bagus dijadikan makanan ibu hamil trimester pertama, beberapa jenis kacang tetap disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung banyak protein yang akan membantu ibu hamil meningkatkan energi tubuhnya. Jenis kacang-kacangan yang disarankan di antaranya kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah yang mengandung banyak asam folat dan vitamin B.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda dipercaya sebagai elektrolit alami yang mengandung banyak mineral untuk memulihkan stamina ibu hamil. Saat hamil seorang wanita biasanya membutuhkan asupan air lebih banyak daripada wanita yang tidak sedang hamil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *