Tips dan Trik

Aneka Resep Bubur Bayi Nikmat yang Bisa Dibuat Sendiri

Memasuki usia 6 bulan maka bayi sudah bisa diberikan makanan tambahan selain asi atau susu formula, karena pada dasarnya kebutuhan mereka jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Beberapa enzim di dalam tubuh sudah bekerja sebagaimana mestinya sehingga mampu digunakan untuk mencerna beberapa jenis bahan makanan yang masuk kedalam tubuh. Sehingga tak heran jika seandainya para orang tua sudah mulai pilah-pilih produk makanan yang cocok untuk si kecil, salah satu yang menjadi pilihan banyak orang tua adalah bubur bayi.

Bukan produk makanan yang asing lagi bagi Anda, mengingat makanan lumat dan juga lembut ini adalah satu yang paling dianjurkan, mudah dijumpai di pasaran dalam bentuk praktisnya. Tak jarang memang diantara ibu yang lebih senang menggunakan produk bubur praktis ini, karena mudah dipakai dan tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Namun juga patut untuk diketahui bahwa sebenarnya produk instan siap konsumsi tersebut juga tak semuanya mengandung bahan-bahan alam untuk dimakan. Tak jarang diantara tambahan produk pengawet, pemanis dan juga MSG yang berbahaya bagi si kecil.

Jadi lebih aman sebenarnya dengan buah bubur bayi sendiri, berikut ini beberapa pilihan resep sehat yang dapat dicoba di rumah, diantaranya adalah:

  1. Bubur susu, bubur paling mudah untuk dibuat, yaitu dengan cara mencampurkan antara tepung beras ditambah dengan susu bubukan mereka, langsung ditambah dengan air panas, aduk-aduk hingga tercampur merata. Produk yang paling praktis untuk dibuat.
  2. Bubur kentang brokoli, sayuran hijau memiliki fungsi yang bagus bagi kesehatan, kaya akan kandungan zat besi untuk mencukupi kebutuhan pembuatan sel-sel darah merah di tubuh. Begitu juga dengan kentang yang kaya akan kandungan karbohidrat, pengganti nasi. Dua jenis item sayuran ini nantinya bisa Anda lumatkan dan dibuat sebagai bubur lezat bagi si kecil.
  3. Bubur beras merah, agak bosan dengan bubur susu yang itu-itu saja, maka bisa disiasati dengan mengganti tepung berasnya dengan beras merah, beras merah ini pada dasarnya memang mengandung gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa, sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan bayi. Cara pembuatannya tak jauh berbeda dengan bubur susu.
  4. Bubur hijau, bubur yang terbuat dari campuran kacang hijau dan juga daun bawang, warna hijaunya yang kaya akan serat dan juga zat besi bagus untuk kesehatan buah hati, juga kandungan protein tinggi dari kacang hijau. Bisa dijadikan sebagai selingan makan mereka seminggu sekali.

Agar si kecil tak bosan memang alangkah baiknya bagi bunda untuk bergonta-ganti dalam memberikan bubur bayi, carilah rasa-rasa berbeda, mulai dari yang manis hingga gurih untuk mencukupi nutrisi si kecil.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *