Tips dan Trik

Artikel Parenting Cara Mendidik Anak Di Rumah Untuk Membentuk Pribadi Yang Baik

Mendidik anak sudah menjadi kewajiban orang tua, bagaimana memperkenalkan norma dan wawasan hingga akhirnya menjadi pribadi, mental dan akhlak yang baik. Banyak artikel parenting yang membahas pola pendidikan anak di rumah yang baik diterapkan. Namun masih banyak orang tua yang menyalahartikan dan menyerahkan pola asuh anak ke sekolah saat anak memasuki periode emas.

Padahal waktu terbaik untuk berinteraksi adalah pada saat dirumah, bersama lingkungan dankeluarganya. Berikut ini kita akan membahas artikel parenting mengenai beberapa cara mengajarkan dan mendidik anak-anak di rumah:

Mendidik Mandiri

Sikap mandiri bisa diterapkan semenjak usia dini. Berhentilah terlalu khawatir ke anak saat ia sudah memasuki fase bersosialisasi dengan teman sebayanya. Namun tetap beri pengawasan tanpa mengekang. Kenali si kecil dengan benda-benda miliknya untuk menjaga dan merapihkannya kembali jika sudah selesai bermain.

Pada waktu sudah memasuki masa sekolah, jangan hanya memberikan uang bekal saja tapi berikan juga saran bagaimana menggunakan uang dengan benar dan menyisihkan untuk ditabung.

Mendidik Rasa Ingin Tahu Yang Positif

Keinginan anak-anak terhadap sesuatu sangat tinggi, misalnya terhadap benda atau kejadian yang baru ia ketahui. Dengan memberikan arahan untuk menemukan jawabab pertanyaannya dengan menghubungkan ke sesuatu yang dekat dengan dirinya atau aktivitas sehari-hari yang mudah ia pahami.

Mendidik Anak Untuk Memberikan Pendapat

Biarkan anak mengeluarkan pendapatnya. Hal ini mengasah keterampilannya dalam melibatkan orang lain dari segala usia dalam hal berkomunikasi. Selain itu memberikan kesempatan anak berpendapat membuat si kecil tumbuh dengan rasa percaya yang tinggi.

Mendidik Anak Untuk Hidup Sederhana

Setiap orang tua tentu ingin membuat anaknya senang dengan memberikan apapun yang ia inginkan. Sebaiknya tahan, dan didik ia untuk bisa hidup lebih sederhana. Banyak fakta tidak sedikit orang sukses yang hidup ditengah kehidupan yang sederhana. Keserhanaan pada akhirnya akan menjadi gaya hidupnya.

Mengajarkan anak untuk sederhana bukan artinya membuat ia menderita dengan keadaan yang serba dibatasi. Bukan itu, namun anak dikondisikan jika ia menginginkan sesuatu sehingga anak akan terbiasa untuk disiplin, menolong sesama, peka terhadap lingkungan dan mau bekerja keeras.

Mindidik Anak Dengan Menjadikan Diri Anda Sebagai Teladan

Mendidik anak menjadi pribadi yang baik sedangkan diri Anda sendiri tidak melakukan hal yang baik akan menjadi sia-sia. Anak cenderung akan mengikuti apa yang orang tuanya ikuti. Contoh sederhananya jika orang tua melarang anaknya bicara keras-keras, tapi orangtuanya sering berbicara keras dan membentak maka itu bukan teladan yang baik.

Demikian artikel parenting mengenai cara mendidik anak di rumah agar menjadi pribadi yang baik, disiplin dan bertanggung jawab. Menjadi orang tua tidak lah mudah, namun bukan hal yang tidak mungkin untuk dicapai. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *