Seputar Ibu Menyusui

Artikel Seputar Dunia Kehamilan, Penyebab Perut Ibu Kecil Padahal Usia Kandungan Sudah Tua

Setiap ibu hamil memiliki ukuran perut yang berbeda-beda. Jika dilihat sekilas, ada yang ukurannya besar tapi ada juga yang kecil. Banyak ibu hamil khawatir dengan ukuran perutnya yang kecil padahal usia kehamilannya sudah tua. Apakah penyebab perut kecil? apakah itu berbahaya? untuk mengetahui jawabannya simak ulasannya dalam artikel seputar dunia kehamilan berikut ini.

Dalam dunia kehamilan istilah ukuran kandungan yang kecil dibandingkan dengan kehamilan normal istilahnya disebut small for dates. Jika ukuran kecil perut ibu dibarengi dengan gerakan janin yang lemah dan lambat kemungkinan besar terjadi gangguan pada perkembangan janin. Untuk memastikannya diperlukan tes USG agar diketahui penyebabnya.

Ada beberapa kondisi perempuan yang hamil di usia muda atau yang diatas 35 tahun mengalami 2x lipat ukuran perutnya kecil di usia kehamilan tua. Meskipun perut kecil penting untuk memperhatikan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan dan hindari stres. Penting untuk diketahui apa yang menjadi penyebab perut kecil padahal usia kehamilan sudah tua, diantaranya adalah sebagai berikut:

Gangguan Pada Plasenta

Perut ibu hamil yang kecil kemungkinan disebabkan karena ada masalah plasenta. Masalah ini bisa disebabkan karena kondisi kesehatan ibu hamil, biasanya muncul gejala nyeri yang tidak tertahankan akibat masalah kesehatan. Misalnya: sakit organ hati, masalah tekanan darah dsb.

Kebiasaan Tidak Baik, Merokok Dan Minum Alkohol

Penyebab umum perut ibu hamil ukruannya kecil bisa karena kebiasaan yang tidak baik, seperti: merokok dan minum minuman berakohol.

Baca Juga: Informasi Dunia Kehamilan Seputar Morning Sickness

Faktor Keturunan

Penyebab lainnya bisa karena faktor keturunan atau genetik yang berhubungan dengan masalah perkembangan pada janin sehingga bentuk perut kecil walaupun usia kehamilan sudah tua. Walaupun demikian, penyebab genetic bisa karena dipicu timbulnya infeksi pada tubuh ibu hamil.

Usia Kehamilan

Faktor terakhir yang mempengaruhi ukuran kandungan adalah usia saat ibu hamil. Jika usia kehamilan di bawah 18 tahun atau diatas 35 tahun, kemungkinan besar resiko mengalami kandungan yang kecil menjadi dua kali lipat. Walaupun demikian sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan kepastian penyebabnya dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan harapan tidak terjadi gangguan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim.

Jika usia kehamilan sudah masuk 31 minggu namun ukuran kandungan kecil kemungkinan dideteksi terjadi masalah peredaran darah.

Dengan demikian penting sekali para ibu hamil selalu menjaga kesehatannya selama masa kehamilan. Ibu hamil selalu harus memperhatikan asupan makanannya, istirahat cukup, rutin memeriksa kehamilan sesuai jadwal dan tidak melakukan pantangan atau sesuatu yang bisa membahayakan janin dan dirinya. Hal tersebut penting dilakukan agar kondisi ibu dan janin selalu sehat, sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kondisi yang baik.

Itulah pembahasan seputar dunia kehamilan, semog artikel ini dapat menambah informasi khususnya untuk para ibu hamil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *