Seputar Ibu Menyusui

ASI Perah, Solusi Terbaik Bagi Para Ibu yang Bekerja

Sudah bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya air susu ibu atau yang dikenal sebagai ASI menjadi makanan utama bagi bayi yang baru lahir, bahkan jika dibandingkan dengan produk susu formula yang banyak dijual di pasaran, maka kandungan yang ada di dalam air susu ini jauh lebih lengkap dan juga mudah untuk diserap oleh tubuh. Sehingga banyak diantara pakar kesehatan yang lebih menganjurkan memberikan air susu ibu ini kepada bayi dibandingkan dengan jenis susu formula yang banyak dijumpai di pasaran.

Hanya saja terkadang beberapa kondisi memang membuat para ibu tidak bisa memberikannya kepada buah hati, misalnya adalah masalah kesehatan atau faktor produksi yang begitu kecil. Faktor lainnya adalah kesibukan, faktanya tidak bisa dipungkiri jika seandainya banyak diantara wanita yang bekerja, sehingga selepas masa cuti, yaitu 40 hari setelah melahirkan sudah harus kembali ke rutinitas mereka dalam bekerja. Jika kondisinya semacam ini maka mau tak mau harus mengganti produk susu yang dikonsumsi oleh buah hati.

ASI Perah, Solusi Terbaik Bagi Para Ibu yang Bekerja
ASI Perah, Solusi Terbaik Bagi Para Ibu yang Bekerja

Atau jika masih ingin memberikan air susu ibu kepada mereka, maka bisa menyiasatinya dengan memberikan ASI perah, tentu tak asing dengan istilah yang satu ini bukan, produk susu ibu tersebut memang bisa disimpan dan tahan cukup lama untuk nantinya diberikan kepada buah hati secara tidak langsung, yaitu melalui dot atau botol susu yang banyak dijual di pasaran. Adapun berikut ini beberapa tips dalam menyiasatinya, yaitu:

  1. Memerah air susu ibu, pertama yang harus dilakukan adalah dengan memerahnya, tentu tak semudah yang dibayangkan, karena ketika anak tidak menyusu memang sangat sulit mengeluarkannya, untuk itu bisa dibantu dengan alat bernama breast pump, alat yang satu ini banyak dijual di pasaran dan sangat membantu dalam membuat air susu perah ini, cara pakainya juga sangat mudah.
  2. Belajar cara penyimpanan yang benar, agar lebih tahan lama maka hasil susu ibu perah tersebut juga harus disimpan dengan benar, diantaranya memastikan bahwa wadah yang digunakan untuk penyimpanan dalam kondisi steril, sebelumnya harus disterilkan dengan cara merebusnya di dalam air mendidih terlebih dahulu. Taruhlah di dalam lemari es dengan suhu sekitar 4 derajat celcius, biasanya membuat susu tersebut akan bertahan selama 5 hari.
  3. Ketahui cara pakainya, untuk memberikannya kepada buah hati juga tidak boleh sembarangan, melainkan harus memastikan suhunya normal terlebih dahulu, kemudian pastikan untuk mengocok, karena jika sudah disimpan dalam lemari es maka susu tersebut akan terpisah antara bagian lemak dan yang lainnya. setelah itu baru bisa diberikan kepada buah hati.

Mudah bukan, ASI perah ini bisa jadi solusi bagi ibu yang bekerja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *