Tips dan Trik

Awas!! Hindarkan Anak dari Mainan Anak yang Membahayakannya Ini!

Dunia anak memang menjadi dunia bermain yang sangat menyenangkan. Dengan banyaknya mainan anak yang dimilikinya, maka hal ini pun juga akan menjadikan buah hati Anda menjadi lebih nyaman dengan mainan yang dimainkannya dan bayi Anda pun juga tidak akan merasa rewel karena kesepian. Melalui permainan yang dimilikinya, maka anak pun juga dapat sambil belajar. Namun dibalik dari mainan yang menyenangkan tentunya ada resiko yang harus Anda ketahui pula.

 Awas!! Hindarkan Anak dari Mainan Anak yang Membahayakannya Ini!

Sebagai orang tua yang baik tentunya tidak ingin bila anaknya celaka akibat dari mainan pemberian orang tuanya. Sehingga penting bagi para orang tua untuk memperhatikan pada jenis mainan yang akan diberikan pada anak nantinya. Termasuk mengetahui jenis mainan yang dapat membahayakan sang anak, baik dari segi kesehatan maupun dari segi fisik. Meskipun pada dasarnya mainan memberikan banyak manfaat, namun bukan berarti akan terhindar dari resiko yang membahayakan anak.

Banyak sekali mainan yang dijual di pasaran dengan bentuk, warna dan jenis yang sangatlah beragam. Sehingga dengan banyaknya pilihan yang ada inilah yang menjadikan diri Anda haruslah lebih teliti dalam melakukan pemilihan pada jenis mainan yang cocok dan aman untuk buah hati Anda. Dengan mainan yang aman maka anak Anda akan terhindarkan dari bahaya yang membuatnya celaka.

Berikut ini jenis mainan anak yang membahayakan dan harus dihindarkan dari anak, yaitu sebagai berikut:

  • Balon gas.

Meskipun balon gas sering kali dijadikan sebagai mainan untuk anak, namun alangkah baiknya jika Anda menghindarkan balon gas dari anak, karena apabila balon meletus akan membahayakan anak, khususnya pada bagian mata dan wajah anak.

  • Magnet.

Hindarkan mainan yang mengandung magnet, hal ini ditakutkan mainan bermagnet akan termakan oleh anak Anda.

  • Trampoline.

Untuk anak yang dibawah 5 tahun, hindarkan mainan ini, karena jenis mainan ini dapat membahayakan sang anak seperti cidera pada bagian punggung, leher, patah tulang dan kematian.

  • Mainan yang berukuran kecil.

Jangan memberikan mainan yang berukuran kecil, karena anak sering kali memakan benda apa pun yang dipegang, sehingga hindarkan mainan yang berukuran kecil.

  • Benda tajam.

Hindarkan benda tajam dari jangkauan anak misalnya seperti tembak, pisau, pedang atau yang lainnya.

Memang hampir semua mainan anak memberikan banyak manfaat bagi anak, khususnya dapat untuk mengubah mood anak. Bahkan dengan melalui permainan inilah yang akan membantu anak agar bisa tumbuh kembang dengan lebih baik. Akan tetapi jika memang Anda tidak ingin mendapati resiko yang dapat membahayakannya, maka Anda sebagai orang tua juga haruslah lebih pandai dalam melakukan pemilihan pada jenis mainan yang tepat dan terbaik untuk buah hati Anda agar mainan tidak membahayakan anak Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *