Tips dan Trik

Ayunan Bayi Jadi Cara Efektif untuk Tenangkan Bayi Saat Rewel

Memiliki bayi tentu adalah hadiah terindah yang tidak akan bisa dibandingkan dengan apapun bagi pasangan yang sudah menikah. Ya, setelah mematikan kehadiran si kecil lalu dirinya lahir ke dunia, pastinya hal ini akan menjadi momen istimewa yang tidak akan mungkin tergantikan. Mungkin bagi Anda yang masih baru sebagai orang tua, banyak sekali kebingungan yang kerapkali terjadi selama merawat si kecil. Terkadang sedikit tangisan si kecil saja sudah bisa membuat Anda kebingungan. Namun jika Anda ingin menenangkan bayi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkannya ke ayunan bayi.

Kebanyakan ahli menyatakan jika bayi kerapkali menangis karena masih merasakan kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan adanya kehidupan di luar rahimnya. Rasa lapar hingga penumpukan gas di perut juga kadang menjadi alasannya. Kondisi medis pun mampu menjadikan si kecil lebih sering menangis sehingga kesehatannya juga haruslah menjadi prioritas penjagaan. Oleh karena itu juga, para orang tua wajib untuk mampu membentuk kondisi yang membuatnya nyaman

Jika bayi Anda baru lahir, maka menciptakan kondisi hangat seperti ketika dirinya ada di dalam rahim menjadi cara yang dianjurkan. Biasanya bayi di usia awal kelahiran hingga pada tiga bulan pertamanya memang sangat sering menangis. Untuk itu, berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam menenangkannya:

  • Bedong bayi

Tentu Anda sudah sering melihat kondisi bayi yang dibedong bukan? Ya, cara ini dilakukan sehingga menciptakan suasana yang hangat untuk si kecil. Caranya adalah dengan kain bedong lalu di lilit ke tubuh bayi sehingga menyerupai dirinya saat di dalam rahim. Membedong bayi ini bisa dilakukan hingga 12 sampai 20 jam.

  • Memiringkan tubuh bayi

Posisi bayi miring adalah sering sekali dirasakan dirinya ketika ada di dalam rahim. Posisi ini diyakini mampu mengurangi refleks moro yang kerap membuat si bayi terkejut dan membuat dirinya lebih tenang juga.

  • Bisikkan suara mendesis

Perlu diketahui jika suara mendesis “sshhhh” ternyata cenderung hampir sama dengan suara aliran darah di sekitaran rahim. Selain itu, suara itu pun bisa terdengar ketika di dalam mobil, mesin cuci hingga pengering rambut.

  • Gendong

Bayi sudah terbiasa untuk digendong kemana-mana ketika di dalam perut Ibunya. Tak heran jika posisi paling nyaman untuk dirinya adalah ketika dirinya digendong. Namun Anda juga bisa menggunakan ayunan bayi jika merasa lelah.

Itulah beberapa tips dalam menenangkan bayi yang perlu Anda ketahui. Bayi sangat suka digendong, namun menggendong si kecil dalam waktu lama tentu juga akan makan banyak tenaga. Gantikan dengan ayunan bayi sesekali sehingga Anda bisa mengistirahatkan tubuh dalam perawatannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *